164 Regu Peserta Lomba Gerak Jalan Dilepas Pj. Gubernur Waterpauw Dalam Rangka HUT RI Ke- 78

Manokwari- Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, membuka lomba gerak jalan tingkat pelajar SD, SMP, SMA-SMK provinsi Papua Barat, senin ( 14/08/2023 ).

Pj. Gubernur Waterpauw, dalam sambutannya mengatakan, lomba gerak jalan yang diadakan bagi para pejalar bukan lomba semata, melainkan memiliki makna dan sejarah bagi kaum generasi muda, sebagai generasi emas dan calon-calon pemimpin bangsa.

“Bagaimana anak-anak ada semangat.?Hari ini kita syukuri karena kita mau memasuki 78 tahun perjuangan kemerdekaan RI. anak-anak tau tentang perjuangan kemerdekaan bangsa kita oleh para pejuang. Bapak mau kasih tau ini momen emas bagi kalian. Anak-anak ini 12 tahun sudah 100 rahun kemerdekaan RI, anak-anak akan menjadi tulang punggung negara. Oleh karena itu, lomba hari ini bukan sekedar lomba, tetapi menjadi makna sejarah bagi kalian anak-anak, kalian yang akan menjadi pemimpin menggantikan kami bapak-bapak yang ada saat ini,”ujar Pj. Gubernur Waterpauw.

Pj. Gubernur juga berkeinginan, agar ada event-event dalam rangka menciptakan nilai-nilai perjuangan, sebagai sarana untuk mempersiapkan fisik generasi muda serta semangat rasa kebersamaan dalam membangun bangsa.

“Anak-anak, bapak mau ada sebuah ivent yang kedepan kita laksanakan, kita perlu rencanakan bersama-sama, apa momen yang kita buat dalam rangka menciptakan nilai-niali perjuangan. Mempersiakan diri untuk fisik, semangat juang dan rasa kebersamaan, baik langkah maupun irama lagu. Di sini lah kita dilatih untuk membangun kebersamaan dalam membangun bangsa. Jangan ikut-ikutan dengan perbuatan yang tidak benar” Tandas Pj. Gubernur Waterpauw.

Plt. Kepala dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Papua Barat, Dr. Samy Saiba, selaku ketua panitia lomba, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lomba gerak jalan tingkat pelajar ini digelar dalam rangka menyemarakan HUT RI ke 78 tahun, 17 agustus 2023.

“Lomba ini digelar dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme kebangsaan kepada generasi muda kita, secara khusus menciptakan kader-kader pemimpin masa depan,”jelas Samy Saiba.

164 peserta ini, pada barisan paling depan kemudian dilepas Pj.gubernur Waterpauw, disusul peserta-peserta berikut turut di lepas baik oleh pejabat Forkompinda Papua Barat dan Pimpinan OPD pemprov Papua Barat. Peserta gerak jalan menuju jalan Yosudarso Sanggeng, jalan Merdeka Manokwari hingga finis di lapangan Borarsi Manokwari.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment