Pj. Sekda Papua Barat Pimpin Upacara Peringati Hari Pendidikan Nasional di Manokwari

MANOKWARI – Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek,S.H.,MM bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023. Upacara diikuti Forkopimda, pimpinan OPD Papua Barat, para guru, siswa mulai jenjang SD,SMP hingga SMA, Selasa (2/5/2023) dipusatkan pada lapangan apel kantor Gubernur.

Membacakan pidato tertulis Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Pj. Sekda Papua Barat memaparkan sejak tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi dari barat hingga timur Indonesia melalui program Merdeka belajar. Hal tersebut juga menggelorakan cita-cita pahlawan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Selain itu tenaga pendidik dapat menggunakan assesmen nasional untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. Disamping itu para guru dapat berlomba-lomba dan berkarya dengan platform merdeka belajar.

“Guru lebih berinovasi di kelas dengan kurikulum merdeka belajar. Jenjang Perguruan tinggi yang dulu teori di kelas sekarang lalangbuana cari pengetahuan di luar kampus. Segi pendanaan, pencairan langsung dana BOS dan bantuan pendidikan dan manfaat fleksibel, keleluasaan untuk sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran,” Ujarnya.

Momentum hari pendidikan Nasional merupakan waktu yang tepat untuk refleksi tantangan yang dihadapi serta langkah berani yang sudah diambil menghasilkan karya hebat memajukan negara. Tenaga pendidik, seniman dan pelaku budaya juga peserta didik adalah kapten dan kapal besar Indonesia.

Oleh sebab itu dapat merancang arah kedepankan, guna memastikan keberlangsungan dan merdeka belajar.

“Layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Perjalanan harus kita lanjutkan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan cita-cita. Kita semarakan hari ini dengan semangat yang meluruskan perwujudan merdeka belajar pendidik generasi Pancasila cerdas dan berkarakter,” Harapnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment