Pj. Gubernur Waterpauw ikut Tandatangani Prasasti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke -27 di Makasar

MAKASAR, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama ratusan kepala daerah lainnya menandatangani prasasti peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 yang di laksanakan di Anjungan City of Makassar.

Dalam sambutannya saat menjadi Irup Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tito Karnavian menyatakan bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah ini memperingati perubahan sistem pemerintahan di masa orde baru. Dengan adanya otonomi daerah, maka sebagian kewenangan diserahkan kepada daerah.

Ada tiga urusan pemerintahan yang ada dalam sistem pemerintahan Indonesia, kata dia, yaitu pemerintahan absolut, pemerintahan umum, dan pemerintahan konkuren.

“Inilah yang disebut dengan otonomi daerah. Daerah yang otonom, daerah yang memiliki kewenangan yang lebih luas dibanding sebelumnya pasca orde baru. Tujuannya, agar daerah-daerah memiliki kewenangan yang lebih luas sehingga bisa berkreasi untuk menjalankan daerahnya masing-masing,” tuturnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M.Si.,
bersama para Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia, ikut juga mendatangai prasasti tersebut yang terletak di Pantai Losari Makasar.

“Penandatanganan prasasti ini adalah bukti bahwa kita sepakat untuk terus memanfaatkan kebijakan otonomi daerah demi kemajuan daerah masing-masing” kata Paulus Waterpauw.

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M.Si.,
bersama para Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia, ikut juga mendatangai prasasti tersebut yang terletak di Pantai Losari Makasar.

“Penandatanganan prasasti ini adalah bukti bahwa kita sepakat untuk terus memanfaatkan kebijakan otonomi daerah demi kemajuan daerah masing-masing” katanya.

“27 Tahun Hari Otonomi Daerah, mari kita bangkitkan semangat berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Mari memacu untuk memantapkan semangat mewujudkan Otonomi Daerah maju, Indonesia unggul, dan Papua Barat lebih baik,”ujar Gubernur Waterpauw.

Sumber : Tim Media Pj. Gubernur Papua Barat.

Leave a Comment