Thamrin Payapo Paparkan Poin Penting Hasil Rakor Kesbangpol Papua Barat Tahun 2023

MANOKWARI – Sabtu (29/4/2023), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Papua Barat, Dr. Ir. R.M Thamrin Payapo,MH resmi menutup agenda Rakor. Ditekankan semua Kesbangpol Kabupaten harus menyamakan persepsi menghadapi sejumlah tahapan jelang tahun politik 2024.

Kepala Badan Kesbangpol Papua Barat juga memberi arahan kepada jajarannya untuk memastikan ketersediaan alokasi anggaran Pemilu di daerah masing-masing.

Selain itu berkaitan dengan rekruitmen anggota MRP Papua Barat level Kabupaten untuk secara bersamaan selesai dengan tahapan di Provinsi. Begitupun dengan proses seleksi Anggota DPR Kabupaten jalur Otonomi Khusus.

“Berikut menyamakan persepsi tentang kesiapan anggaran pemilihan Kepala Daerah di kabupaten, sebagaimana diketahui pemilihan Kada dibiayai APBD. Sejauh mana penyelenggara tingkat bawa KPU, Bawaslu dan kepolisian sudah mengajukan anggaran atau belum, ini dievaluasi,”

Untuk rekomendasi yang telah ditandatangani para Kepala Kesbangpol Se-Papua Barat tentu sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

Khusus untuk rekrutmen anggota MRP dapat dipastikan selesai akhir Mei dan selanjutnya proses Surat Keputusan (SK) di Kemendagri.

“Rekomendasi masing-masing daerah punya karakter. Untuk MRP tepat waktu dan akhir Mei semua siap selesai sehingga bisa proses SK di Mendagri,” Tandasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment