Update !! Kick Off BBI dan BBWI Papua Barat Direncanakan Maret Mendatang

MANOKWARI – Kamis (23/2/2023), Rapat lanjutan pemerintah Papua Barat dipimpin Penjabat Sekda didampingi sejumlah pimpinan OPD bersama Bank Indonesia jelang Gernas BBI dan BBWI kembali digelar. Topik pembahasan telah mengerucut dan kick off dijadwalkan bulan Maret mendatang.

Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek,S.H.,MM menyebut segala kesiapan menuju acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia pada 12 Mei mendatang harus maksimal. Selain itu berkaitan tema Bahari di Papua Barat wajib mendapat masukan dari OPD teknis.

Kata Pj. Sekda langkah pertama melengkapi data, existing program sehingga potensi berkaitan dengan UMKM dapat diseleksi untuk nantinya ditampilkan. Sesuai hasil rapat telah disepakati untuk sementara, menunggu rapat lanjutan dengan Pj. Gubernur yakni kick off pada 13 Maret 2023.

Dirinya juga meminta Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Barat menyiapkan data UMKM masing-masing.

“Awal Maret sudah tentukan kegiatan apa yang mau dilakukan. Kepala daerah agenda untuk rakor kemudian inventarisasi data dan kegiatan OPD masing-masing serta swasta,” Jelasnya.

Beragam tugas juga telah didiskusikan diantaranya melalui Dinas Pariwisata dengan potensi wisata sejarah dan mengundang wisatawan. Selain itu keterlibatan kelompok binaan UMKM, Festival Budaya, Sanggar, Ukiran dan seniman.

Untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan wajib melakukan pendataan, lakukan kurasi serta aksi pasar. Diusulkan pula kegiatan pameran UMKM, fashion show busana Papua dan panggung hiburan.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat, James Wilson Lumbantobing mengapresiasi peran pemerintah daerah dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia tahun 2023. Diakui keterlibatan dalam agenda rapat perumusan berbagai kegiatan turut mendukung pemulihan ekonomi dari sisi pemanfaatan UMKM dan sektor wisata.

“Kami dari BI optimis Gernas BBI dan BBWI jadi salah satu penggerak ekonomi daerah Papua Barat dalam masa pemulihan ekonomi. Semoga kolaborasi dan sinergitas ini dapat berlangsung dengan baik sehingga rangkaian kegiatan dapat memunculkan kembali geliat ekonomi menjadikan Papua Barat daerah dengan ekonomi maju,” Tandas Lumbantobing.

Penulis : Givenly  Frans

Leave a Comment