Rapat Koordinasi Matangkan Giat Jalan Santai Peringati HPSN 2023

MANOKWARI – Pertemuan terbatas dalam rangka kegiatan “Jalan Santai” hari peduli sampah yang diprakasai oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat telah berlangsung di ruang rapat Sekda. Nantinya acara puncak akan diwarnai beragam kegiatan melibatkan pelaku UMKN pada hari Jumat mendatang.

Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek,S.H.,MM menyebut event yang dilakukan adalah bagian yang menyentuh, sehubungan dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Oleh sebab itu perlu dikomunikasikan lebih lanjut agar berjalan dengan baik.

“Ini juga bagian yang menyentuh karena kemarin kita sudah rapat dengan BI berkaitan Bangga Buatan Indonesia dan ini bisa menyentuh. Kordinasi jika bagaimana libatkan pihak swasta,” Ujar Pj. Sekda Papua Barat, Rabu (22/2/2023).

Selanjutnya Penjabat Sekda menyerahkan mandat sebagai pemimpin rapat kepada Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan, Dr. Niko U. Tike karena hendak menghadiri undangan kegiatan. Disampaikan perlu komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Manokwari agar ada kebersamaan dengan kegiatan ini.

Unsur forkompinda juga perlu dilibatkan karena pelaksana kegiatan berada di level pemerintah provinsi.

“Jadi kesiapan dari kegiatan ini perlu dikomunikasikan betul-betul,” Tambah Staf Ahli Gubernur.

Kegiatan ini nantinya direncanakan akan melibatkan pelaku UMKM berlokasi di Lapang Borarsi. Kadis Koperasi dan UKM Papua Barat, Stefanus Selang meminta agar mobilisasi pelaku UMKM diperhatikan dengan baik.

“Nanti dilihat UMKM yang mana, kalau bisa jangan makanan berat tetapi minuman kekinian dan makanan ringan,” Jelasnya.

Kabid Pengolahan Sampah & Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat, Grace Dharmawati turut merincikan rundown kegiatan diawali jalan santai dengan titik kumpul pada ruas Jl. Percetakan Sanggeng menuju lapangan Borarsi. Setiba di lokasi finis juga dirangkai sejumlah kegiatan diantaranya presentasi singkat Bank Indonesia, penyerahan bantuan dan penghargaan kepada petugas kebersihan teladan.

“Ada juga penyerahan hadiah lomba tingkat SD,SMP,SMA, Pemuda, ASN Pemprov dan ASN pemkab. Juga wisata kuliner pameran produk kerajinan,” Tandasnya.

Penulis : Givenly  Frans

Leave a Comment