Rombongan Pemprov Papua Barat dan Dubes Norwegia Berkunjung Melihat Kakao Ransiki

Manokwari-selasa ( 21/02/2023 ), Rombongan Pemprov Papua Barat yang mendampingi Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, secara estafet dalam sehari melakukan kunjungan di dua kabupaten, yakni kabupaten Pegunungan Arfak ( Pegaf ) dan kabupaten Manokwari Salatan ( Mansel ). Jika di kabupaten Pegaf, rombongan Dubesa dan Pemprov Papua Barat menikmati komoditi unggulanya yakni kopi, di kabupaten mansel, rombongan disambut baik pemerintah dan masyarakat setempat, dengan komoditi unggulanny, yaitu kakao.

Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat, Raymond Yap, dalam sambutannya mewakili Penjabat Gubernur Papua Barat, berharap adanya dukungan dan kerjasama berbagai pihak dalam mengembangkan komoditi kakao Ransiki Kabupaten Manokwari selatan ini.

“Dalam rangka bagaimana kita mengembangkan komiditi unggulan kakao ransiki ini, saya kira ini yang sangat diharapkan oleh pak gubernur. Tidak hanya membangun kemitraan dengan LSM yang ada, tapi juga dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah, sehingga coklat ini bisa berkembang,”.

Duta Besar Norwegia Untuk Indonesia, mengaku terkesan dengan pengolahan kakao oleh UMKM di Ransiki. Ia berharap, hasil porduk dapat di pasarkan hingga ke luar negeri.

“Terima kasih banyak atas sambutan yang hangat. Ya enak sekali, saya sudah mencicipi coklat ransiki, dan sangat terkesan dengan cara produksi nya oleh ibu-ibu di sini. Saya berharap hasil produk ini bisa dijual di pasar yang lebih luas, bukan cuma di Indonesia tapi bisa sampai hingga ke Eropa dan Negara lain,”. ungkap Rut, kepada awak media.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment