Aksi Kebersihan OPD Pemprov Papua Barat di Terminal Wosi Manokwari

Manokwari-Menindaklanjuti arahan Penjabat Gubernur Papua Barat, yang merespon edaran kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan tentang hari peduli sampah nasional 2023, ASN, P3K dan Honda seluruh OPD pemprov Papua Barat kerja bakti membersihkan Terminal Wosi Manokwari, Jumat ( 17/02/2023 ).

Plt. Kepala dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat, Mintaria Sitorus, S. AP, kepada media Diskominfo Perstatik Papua Barat menjelaskan, kegiatan kerja bakti memungut dan memilah sampah Mengacu pada edaran kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. Pemilihan lokasi terminal pasar Wosi untuk aksi kebersihan kali ini, guna memacu masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan.

“Jadi kami mengacu kementerian lingkungan hidup dan kehutanan kita lakukan di pasar wosi ini supaya masyarakat juga bisa melihat bahwa kita kerjakan dan ikut menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini juga sesuai dengan arahan yang disampaikan bapak sekda yang juga sangat respon tentang hari peduli sampah ini,” jelas Mintaria Sitotus, Plt. Kadis LH dan Pertanahan.

Sampah yang dikumpulkan dari masing-masing OPD kemudian ditimbang dan dinilai oleh pihak dinas Lingkungan Hidup Papua Barat. Sampah dipungut dan dipilah sesuai jenis, yaitu sampah plastik, botol plastik dan sampah kaleng bekas.

Dalam rangka hari peduli sampah Nasional tahun 2023, dinas lingkungan hidup dan Pertanahan Papua Barat, juga mengadakan beberapa lomba yang melibatkan para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA di Manokwari, yakni lomba konten kreator untuk SMA, lomba menggambar untuk tingkat SMP dan lomba menggambar untuk pelajar tingkat SD.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment