RSU Provinsi Papua Barat Mantapkan SDM Menuju Rumah Sakit Rujukan

MANOKWARI-Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap M.Epid, kepada awak media, usai mengikuti upacara Peringatan Hari jadi PUPR, mengatakan pihaknya hendak mengusulkan peralatan dan fasilitas penunjang, serta sumber daya manusia, baik Dokter maupun perawat. Hal tersebut bertujuan menjadikan rumah sakit Provinsi Papua Barat sebagai rumah sakit rujukan.

Diakui dr. Arnold saat ini terdapat beberapa ruang yang bisa dipakai untuk peralatan melalui Kementerian Kesehatan.

“Untuk peralatan nanti tahun depan yang kita ajukan adalah rujukan jantung kemudian kanker kemudian ginjal hipertensi. Sebagian besar peralatan yaitu akan didukung oleh Kementerian Kesehatan. Kemudian juga dengan pelatihan-pelatihan,” Jelas Direktur RSU Papua Barat.

Lebih lanjut kata Direktur Tiniap berharap adanya bimbingan dari rumah sakit rujukan yang ada di Jakarta. Secara khusus SDM baik perawatan maupun dokter yang dimiliki RSU Provinsi Papua Barat, yakni jantung, kanker, hipertensi, sehingga memerlukan pelatihan khusus.

“Pemerintah Daerah yang harus siap karena kita belum punya ASN juga misalnya perawat-perawat untuk pelayanan-pelayanan tertentu, misalnya jantung, kanker, hipertensi itu memang butuh ada pelatihan khusus ya. Kita dalam waktu dekat sini akan ada penandatangan MoU dengan beberapa rumah sakit profesional, yaitu dengan pemerintah provinsi Jawa Barat,” Tandas Tiniap. [Kpb_04]

Leave a Comment