Dies Natalis Universitas Papua Ke- 22, Komitmen Bersama Membangun Daerah

MANOKWARI – Universitas Papua memperingati Dies Natalis Ke 22 dengan mengusung tema “Transformasi dan Restorasi Universitas Papua Menuju Perguruan Tinggi Unggul dan Berdaya Saing”. Acara dipusatkan pada Aula Unipa, Amban, Kamis (3/11/2022).

Mewakili Penjabat Gubernur Papua Barat,
Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otsus, Dr. Ir. R. M. Thamrin Payapo, MH menyampaikan permohonan maaf Gubernur tidak sempat menghadiri momen spesial tersebut dikarenakan berdinas di luar kota. Dikatakan Payapo, sejarah panjang Universitas Papua telah banyak memberikan dukungan dalam semua aspek serta perkembangan daerah.

Hal tersebut secara nyata disaksikan banyak alumni Universitas Papua bersinergi dengan pemerintah, baik eksekutif maupun legislatif. Disamping itu torehan penting Unipa terlibat aktif dalam rangkaian tercetusnya UU nomor 21 tahun 2001 dan UU nomor 2 tahun 2021 tentang Otonomi Khusus bagi Papua Barat.

“Kedepan Pemerintah bersama Unipa akan bergandengan tangan. Pemerintah Papua Barat sangat apresiasi Unipa karena telah banyak berbuat kepada masyarakat dan pemerintah. Atas nama Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw,M.Si mengucapkan selamat memperingati dies Natalis, semoga Unipa tetap berjaya,” Ujarnya.

Rektor Universitas Papua, , Dr. Meky Sagrim,S.P.,M.Si menyatakan kehadiran Unipa terus berkonsentrasi dan bekerja untuk mendukung pemerintah mulai level pusat hingga daerah. Tidak hanya itu, Universitas Papua juga telah terakreditasi Baik Sekali sehingga putra-putri daerah dituntut untuk tidak mengenyam pendidikan di tempat lain.

Rektor juga menguraikan capaian besar Universitas Papua yang telah berjasa dalam rancangan UU Otsus, Naskah Akademik hadirnya Provinsi Papua Barat, serta deklarasi Papua Barat sebagai provinsi konservasi dan pembangunan berkelanjutan.

“Jajaran dari pusat hingga daerah untuk mewujudkan bagaimana Papua tampil sebagai negeri yang penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan.
Mari kita terus gelorakan semangat dan kolaborasi kita untuk membangun Unipa sebagai Universitas yang menyalurkan berkat dan jawaban pengembangan SDM di tanah Papua,” Harap Rektor, Dr. Meky Sagrim.

“Provinsi Papua Barat telah mendeklarasikan diri sebagai provinsi konservasi dan pembangunan berkelanjutan, itu bagian dari kerja keras dan kolaborasi kita. Hadirnya UU Otsus baik UU 21 tahun 2001 maupun UU Nomor 2 tahun 2021 tentang Otsus itu bagian dari karya kami universitas Papua,” Urainya.

Sesuai informasi yang dihimpun, beragam kegiatan telah dilakukan dalam mensukseskan Dies Natalis Ke 22 melalui sejumlah lomba olahraga dan lainnya. Selain itu digelar pameran karya masing-masing fakultas. [kpb_01]

Leave a Comment