Rakor Persiapan Rakernas ADPMET di Bali, Bentuk Tim Percepatan Peta Jalan Transisi Energi Papua Barat

MANOKWARI – Rapat Koordinasi terkait Undangan Rakernas (ADPMET), dihadiri Pimpinan OPD teknis dan daerah penghasil migas berlangsung di lantai 5 kantor Gubernur Papua Barat, Rabu (2/11/2022).

Hadir secara langsung dalam rapat bersama staf khusus Gubernur Papua Barat, perwakilan dinas ESDM Papua Barat, Kadis Kehutanan provinsi Papua Barat, Kepala Bappeda Provinsi Papua Barat, Kepala dinas lingkungan hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, serta kepala dinas Teknis kabupaten Penghasil migas, diantaranya Kabupaten Teluk Bintuni, sedangkan kabupaten Sorong mengikuti rapat melalui via zoom, oleh Penjabat Bupati Kabupaten Sorong, Jan Piet Moso, Asisten 2 serta Kepala Bapenda Kabupaten Sorong.

Staf khusus Penjabat Gubernur Papua Barat, Victor Abraham Abaidata, saat ditemui usai rapat mengatakan, sebagaimana arahan Penjabat Gubernur Papua Barat, rapat bertujuan melakukan koordinasi dengan pimpinan OPD teknis terkait dan juga kabupaten penghasil migas, bersama-sama memformulasikan konsepsi sebagai bahan persiapan untuk disampaikan pada forum Rakernas ADPMET di Bali, sebagai sumbangsi pemikiran dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Lebih lanjut kata staf khusus, hasil rapat telah membahas hal-hal terkait dengan pembangunan sektor migas di masa mendatang, yang memberi dampak kamaslahatan bagi generasi penerus di Papua Barat. Dan sebagai langkah awal, forum rapat menyepakati agar dibentukmya Tim Percepatan Peta Jalan Transisi Energi di Papua Barat. Tindak lanjut Rakor ini juga akan memformulasikan konspesi terkait permasalahan Migas dan visi Energi Terbarukan untuk kemudian dilaporkan kepada Pj. Gubernur Papua Barat untuk mendapatkan petunjuk dan arahan lebih lanjut.

“Rapat siang ini telah mengelaborasi sejumlah pemikiran terkait masa depan migas dan energi terbarukan di Papua Barat. Dan untuk diketahui, bahwa bapak Gubernur selalu memikirkan hal-hal besar yang berdampak luas bagi masa depan generasi di Tanah Papua secara khusus di Provinsi Papua Barat. Forum rapat tadi telah mengelaborasi beragam pemikiran sebagai masukan yang baik dan salah satunya adalah dengan membentuk Tim Percepatan Peta Jalan Transisi Energi Papua Barat. Dan selanjutnya kami akan laporan hasil rapat tersebut kepada bapak Gubernur untuk mendapatkan arahan lebih lanjut,” Tandasnya .[Kpb_04]

Leave a Comment