Pj. Gubernur Waterpauw Optimis Provinsi Papua Barat Daya Akan Resmi Berdiri Sebelum Pemilu 2024

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M,Si, optimis Provinsi Papua Barat Daya akan resmi disahkan sebelum perhelatan Pemilu 2024 mendatang. Dirinya menyatakan hal ini tidak terpisahkan sesuai mekanisme yang menjadi kewenangan DPR RI untuk memutuskan dan mengesahkan Provinsi baru tersebut.

“Saya justru punya optimisme untuk bisa segera diputuskan ya, namun demikian karena itu mekanisme yang kita tidak masuk di ranah itu. Nantinya apa yang menjadi kepentingan puncak sampai kepada keputusan itu merupakan kewenangan DPR RI di pusat segera mengambil kebijakan atau keputusan politik untuk kepentingan ini,” Ungkap Pj. Gubernur Waterpauw kepada sejumlah awak media. Senin (10/10/2022).

Ditambahkan Pj. Gubernur Waterpauw dala. prosesnya terjadi polemik penetapan calon Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya, antara Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Menurutnya hal tersebut telah melalui pertimbangan serta usulan setiap pemangku kebijakan se-Sorong Raya, guna mendukung penempatan Kabupaten Sorong sebagai calon Ibukota.

Diakui Waterpauw dokumen telah dimuat dalam suatu naskah akademik sebagai lampiran dari berkas pengusulan pembentukan Provinsi Papua Barat Daya. Akan tetapi tentu mengikuti dinamika, perkembangan, serta kewenangan DPR RI.

“Beliau-beliau para pengusung Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya mengusulkan Kabupaten Sorong sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya. Lalu kami Para penjabat, baik saya selaku Penjabat Gubernur, maupun Penjabat Wali Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan seluruh Bupati di Sorong Raya mengusulkan ibu Kota Papua Barat Daya berada di Kabupaten Sorong,” Tambahnya.

“Pemerintah Daerah, Khususnya Kabupaten Sorong, sudah menyiapkan lahan kurang lebih 500 hektar. Dukungan kita cukup kuat, baik dari tokoh Agama, tokoh Adat Ini juga kita lakukan dengan naskah akademik dan kita sudah lampirkan. Tapi itu juga bukan harga mati dan dinamis, selalu berkaitan dengan kepentingan dan pertimbangan banyak hal demi efektifnya pelayanan Pemerintahan. Kami prinsipnya sudah membawa aspirasi itu dengan cukup baik,” Terangnya. [Kpb_04]

Leave a Comment