Diskominfo Persandian & Statistik Papua Barat Serahkan Server Bagi Kota dan Kabupaten Sorong

SORONG – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Papua Barat kembali menyerahkan server kepada Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Penyerahan dilakukan oleh Kabid Persandian, Zaenal Fanumbi,ST, Senin (26/9/2022).

Dijelaskan Kabid Persandian, penyerahan masing-masing dua unit server tiap Kota dan Kabupaten dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu menjalankan amanah Peraturan Presiden (Perpres) 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Adapun keunggulan pemanfaatan server untuk menampung sejumlah aplikasi dalam menunjang kinerja pemerintah, khususnya Sistem Informasi Data Sektoral Satu Noken (Sidassken).

“Saya kepala bidang persandian dan kepala seksi urusan statistik dan staf bidang. Kami menyerahkan dua unit server untuk Dinas Kominfo Kota Sorong dan penggunaan sesuai kebutuhan dan program. Ini akan kami integrasikan untuk program Sidassken yang sudah berjalan sejak 2018 lalu,” Ujarnya.

Ditambahkan Fanumbi, Data merupakan hal penting saat ini dan berhubungan pada seluruh aspek tata kelola pemerintahan. Disamping itu ketersediaan server akan ditindaklanjuti pembentukan Computer Security Insiden Respon Team (CSIRT).

“Data sekarang mahal dan buat sesuatu butuh data, contohnya di perencanaan. Supaya pembangunan terarah butuh data.
Disini kita kasi 2, karena ada program CSIRT, tim akan dibutuhkan apabila ada insiden cyber di Kota Sorong untuk penanganan awal,” Tambah Kabid Persandian.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kota Sorong, Amos Kareth, SH menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Papua Barat melalui Diskominfo atas kepedulian telah menyerahkan dua aset. Dirinya mengakui koordinasi antara Dinas Kominfo Kota Sorong dan Provinsi tetap berjalan baik, sehingga edukasi berkaitan dengan tugas dan fungsi dapat maksimal.

“Pagi ini sampaikan terimakasih kepada Kadis Kominfo Papua Barat yang punya kepedulian untuk penyerahan dua aset yang cukup membanggakan. Artinya lokasi kota Sorong sebagai pilihan. Dari yang manual ke aplikasi itu juga mengedukasi kita untuk bagaimana pelayanan publik Kota Sorong lebih mantap kedepan,” Terang Kadis Kominfo Perstatik Kita Sorong.

Usai penyerahan di Kota Sorong, rombongan bertolak ke Kabupaten Sorong untuk agenda yang sama. Prose serahterima oleh Kepala Bidang Persandian, Roberth Kafiar,S.Sos.,M.Si. [kpb_01]

Leave a Comment