Kepala Bappeda Papua Barat Lapor Progres Penanganan Banjir Kota Sorong Kepada Gubernur, Akui Masalah Terurai

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Papua Barat, Dance Sangkek,SH.,MM melaporkan progres dukungan pihaknya dalam menjalankan amanah sebagai ketua harian penanangan banjir Kota Sorong kepada Penjabat Gubernur Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si, Senin (12/9/2022) saat rakor.

Diuraikan Sangkek, pergerakan cepat secara bersama langsung dilapangan sembari menyerap aspirasi masyarakat telah dilaksanakan. Selain itu pendampingan bersama Dinas PUPR Papua Barat dan Kota Sorong juga berjalan dengan baik pada sejumlah daerah terdampak.

“Puji Tuhan sampai saat ini sesuai tugas yang bapak berikan dan apa yang dipaparkan agar pergerakan cepat secara bersama untuk mengurai berbagai macam hal. Kami sebagai bantuan untuk mempercepat tugas fungsional penanganan bencana ada banyak kesan yang kami dapat dilapangan,” Jelasnya.

Lanjut Kepala Bappeda Papua Barat penyisiran mulai dari Ruvei hingga KM 14 dapat disimpulkan penyebab utama terjadinya bencana banjir yang hampir terjadi saat tiba musim penghujan. Saat ini dikabarkan aktivitas masyarakat telah kembali berjalan normal karena intensitas cakupan banjir yang perlahan dapat tertangani.

“Kami laporkan kepada Bapak Gubernur sejak tanggal 4-6 saat hujan kami dilapangan bersama PUPR dan Balai untuk memastikan 4 wilayah sungai mulai dari Ruvei sampai KM 14. Dari titik krusial itu dapat diurai dan aktivitas masyarakat dapat berjalan seperti biasa,” Tambahnya.

Adapun hasil evaluasi pada tanggal 8 September 2022 kemarin telah disepakati dua rekomendasi salah satunya menggagas peralihan menuju masa pemulihan.

“Ada dua hal rekomendasi bersama bapak Walikota saat rapat tanggal 8 kemarin yaitu kita sudah menghentikan masa darurat dan mengusulkan kepada BPBD untuk menetapkan langkah pemulihan,” Ujarnya.[kpb_01]

Leave a Comment