Upacara Taptu dan Pawai Obor Mengenang Detik-detik Kemerdekaan Indonesia dari Manokwari

MANOKWARI – Pelaksanaan upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor berlangsung di depan kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat. Bertindak sebagai pembina Upacara, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Juniman Hutagaol, Selasa (16/8/2022) dimulai sekira pukul 17.00 WIT.

Upacara dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si beserta Forkopimda.

Diketahui, upacara taptu dan pawai obor merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan pada detik-detik menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Hal tersebut sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan.

Kajati Papua Barat secara langsung menyalakan obor Taptu yang dibawakan oleh tiga perwakilan. Selanjutnya Obor dinyalakan secara massal oleh ratusan peserta yang terdiri dari TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara.

Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Juniman Hutagaol didampingi Pj. Gubernur Waterpauw kemudian secara simbolis melepaskan pasukan untuk melangsungkan pawai Obor.

“Hari ini tanggal 16 Agustus 2022, saya memberangkatkan rombongan Pawai Obor dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke-77,” Ucap Kajati Papua Barat.

Adapun rute yang ditempuh peserta pawai melewati ruas jalan traffic light Hj. Bauw – Polsek Sanggeng – Traffic light Primkopal dan kembali finish di Halaman Kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat. [kpb_01]

Leave a Comment