Side Event Y20, Papua Barat Beri Pesan Kepada Dunia Untuk Peduli Lingkungan

MANOKWARI – Delegasi Youth 20 (Y20) melanjutkan kegiatan di hari kedua diawali kunjungan ke SMA Taruna Kasuari Nusantara, dilanjutkan penanaman pohon di pulau Mansinam, Sabtu (19/6/2022).

Sekira pukul 09.00 WIT puluhan delegasi lokal maupun manca negara bertolak dari pelabuhan Fasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari. Panitia kemudian mempersiapkan sejumlah armada laut bekerja sama dengan Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAPP) serta cafe apung milik Fasharkan Manokwari.

Tiba di pulau Mansinam, puluhan delegasi disambut tarian adat dan melakukan penanaman 50 pohon yang telah disediakan oleh panitia disepanjang jalan dalam pulau mansinam.

Para delegasi turut mengabadikan momen indah itu dengan berfoto-foto di beberapa lokasi di pulau Mansinam.

Ketua Panitia pelaksana, Melkias Werinussa, SE.,MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada para delegasi Internasional dan nasional. Lanjutnya, aksi nyata ini membuka kacamata dunia tentang bagaimana kepedulian terhadap lingkungan.

“Atas nama pemerintah Papua barat, kami menyampaikan banyak-banyak terimakasih kepada duta-duta atau delegasi Pemuda Internasional dan nasional sudah melaksanakan penghijauan serta Penanaman pohon di Mansinam. Ini menjadi catatan sejarah bahwa di pulau ini, hari ini tanggal 19 Juni 2022 mereka hadir, dan berharap pesan ke seluruh dunia harus dijaga dan dilestarikan demi kemaslahatan generasi kita kedepan,” Ucap Ketua Panitia.

Usai kegiatan penanaman pohon di pulau Mansinam, delegasi Y20 bertolak menuju pulau Lemon untuk melaksanakan kegiatan penanaman 240 bibit terumbu karang jenis Acropora Brachii dan pelepasan tukik sebanyak 30 ekor, kerjasama dengan komunitas Ketapang Diving. [kpb_01]

Leave a Comment