Gubernur Papua Barat Launching “EDC” Samsat Sorong

KOTA SORONG – Samsat Sorong melaunching Elektronic Data Capture (EDC) mempermudah masyarakat wajib pajak menunaikan kewajibannya, Jumat (6/5/2022).

Launching EDC, penghargaan wajib pajak taat dan Wapu serta persemian revitalisasi ruang pelayanan pajak UPT Samsat Kota Sorong, Aimas dan Bintuni dilaksanakan Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan,M.Si.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan,M.Si dalam sambutannya mengatakan, arah pembangunan di provinsi ini selain untuk mewujudkan  visi  provinsi papua barat yaitu  “menuju papua barat yang aman, sejahtera daan bermartabat”  juga merupakan  implementasi  undang-undang  nomor  23   tahun  2014  tentang pemerintahan daerah.

Selanjutnya, Provinsi Papua Barat yang luasnya sekitar 102.946 (seratus  dua  ribu sembilan ratus  empat puluh enam) km2, terbagi pada 12, pemerintah kabupaten dan 1 (satu) kota dengan jumlah penduduk 1.138.000 (satu juta seratus tiga puluh delapan ribu).  Dengan tingkat kepadatan rata-rata 11 jiwa/km,  tertinggi di kota sorong sebesar 433 (empat ratus tiga puluh tiga) jiwa per km (data tahun 2020).

Informasi demikian menggambarkan  luas wilayah dan tingkat kepadatan penduduk yang rendah, namun menyebar dan jauh dibawah rata-rata kepadatan  penduduk di provinsi Indonesia. Kondisi ini  menunjukkan besarnya kebutuhan fiskal disatu sisi,  sedangkan disisi lain  disadari masih rendahnya kapasitas fiskal utamanya,  yang bersumber dari kendali pemerintah daerah,  seperti halnya pendapatan asli daerah (PAD).

Tentunya penerimaan pajak daerah kata Dominggus, selaras dengan transaksi aktivitas ekonomi di satu daerah  dan jumlah penduduk yang masih rendah.  pendapatan asli daerah  menunjukkan kemampuan  daerah dalam  mendanai otonomi daerah   sesuai  dengan  potensi daerah,  sebagai perwujudan desentralisasi.

“Selaku pimpinan daerah,  saya  mengapresiasi  apa  yang telah  dilakukan  badan pendapatan daerah   dalam  meningkatkan  pelayanan publik  kesamsatan,  dengan merevitalisasi  ruang pelayanan pajak dan  reward wajib pajak yang taat serta  penghargaan wajib pungut pajak bahan bahan kendaraan bermotor, selaku penyelenggara  pelayanan publik,  kita  terus berbenah  diri,  memberi  yang terbaik untuk masyarakat,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Dominggus menyampaikan terimakasih  badan pendapatan daerah  bersama UPT  yang  ada  telah  serius melakukannya.  bahkan hasil evaluasi  pelaksanaan pelayanan publik,  untuk  samsat manokwari boleh mendapat  nilai  A ini adalah bentuk komitmen dan keseriusan yang dilakukan.

“Tentunya itu menjadi kebanggaan pemerintah provinsi papua  barat,  dan secara  khusus  untuk saya selaku Gubernur Papua Barat.  terimakasih  telah membanggakan papua barat…  terimakasih untuk pelayanan   kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat Charles Hutauruk,S.E.,M.M mengatakan, launching mesin EDC ini untuk mempermudah wajib pajak dalam membayar pajak.

“Mempermudah UPT dan Wajib pajak untuk membayar pajak kendaraan bermotor, jadi para wajib pajak tidak perlu membawa uang tapi bisa melalui online,” Singkat Charles Hutauruk.

Hadir dalam kegiatan launching EDC ini, Direktur Lalu lintas Polda Papua Barat, Perwakilan DPR Papua Barat, Perwakilan PT Jasa Raharja Papua Barat, Wakil Bupati Sorong, sejumlah pimpinan OPD Pemprov Papua Barat serta sejumlah tamu undangan lainnya. [kpb_01]

Leave a Comment