Aksi Bersih Pantai Proyek Desain Pengelolaan Wilayah Pesisir di Papua Barat

MANOKWARI – Kegiatan Aksi Bersih Pantai dalam rangka proyek Desain Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu dalam Mendukung Percepatan Pelaksanaan RZWP-3-K di Provinsi Papua Barat sebagai bagian dari program Coral Reef Rehabilitation and Management Program- Coral Triangel Initiative (COREMAP – CTI), Selasa (22/03/2022) berlokasi di Pulau Mansinam.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Institute Pertanian Bogor – Bappenas – ICCTF dan Pemerintah Provinsi Papua Barat, dimana output dari kegiatan tersebut menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas laut dan pulau kecil serta menjaga kebersihan pantai di Kabupaten Manokwari.

Direktur Kelautan dan Perikanan Bappenas, Ir. tommy Hermawan, MA mengharapkan dapat mengurangi sampah dan dapat dikelola salah satunya dengan pembuatan kompos. Tidak hanya itu, hal lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat pengurangan sampah ialah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah skala kecil atau skala besar.

Ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Kepala PKSPL IPB, Andy Adandy, S.Pi., M.Si kepada pemerintah provinsi papua barat yang telah mensupport pelaksanaan kegiatan ini dengan harapan ini merupakan langkah awal dari upaya yang besar untuk sebuah keinginan untuk mempertahankan kelestarian lingkungan.

Hal yang serupa disampaikan Kabid Perencanaan ruang Laut dalam sambutan yang di bacakan mewakili Gubernur Papua Barat. Tujuan ini untuk meningkatkan kepedulian dan mendukung serta partisipasi dalam menjaga lingkungan pesisir dan laut sehingga menciptakan lingkungan yang semakin bersih dan lestari.

Kegiatan ini menjadi catatan penting sebagai upaya mendorong bagian dari bentuk kampanye perang terhadap sampah khususnya penanganan diwilayah pesisir dan laut. [kpb_03]

Leave a Comment