Diskominfo PB Gelar Rakornis Sinergitas Penyelenggaraan SPBE dan Akselarasi Data Sektoral Menuju Satu Data

Raja Ampat, InfoPublik – Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) terkait Sinergitas Penyelenggaraan SPBE dan Akselerasi Persepsi Data Sektoral Menuju Satu Data yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Sorong Senin-Selasa, (14-15/3/2022).

Kegiatan yang dihadiri para kepala dinas dan pejabat Eselon III Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten/Kota se-Papua Barat tersebut dibuka Asisten III Setda Provinsi Papua Barat, Reymond R.Hendrik Yap,SE, MTP mewakili Gubernur Papua Barat.

Asisten III Setda Papua Barat, Reymond R.Hendrik Yap, SE, MTP saat membacakan sambutan Gubernur Papua Barat mengatakan Rakornis tersebut memiliki arti penting dalam tata kelola pemerintahan dengan menerapkan teknologi informasi dalam mempercepat arus informasi untuk reformasi pelayanan pemerintahan.

“Revolusi besar di sektor teknologi informasi saat ini memberi peluang bagi pemerintah untuk menerapkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,red),” ujar Reymond R.Hendrik Yap saat membuka kegiatan, Senin (14/3/2022).

Dikatakannya, Pemerintah Papua Barat terus berupaya melakukan reformasi birokrasi untuk membantu pemerintah pusat dan daerah melakukan inovasi berkesinambungan. Diharapkan terjadi sinergi dan integrasi dalam implementasi SPBE

Rakornis dengan tema, “Sinergitas Penyelenggaraan SPBE dan Akselerasi Persepsi Data Sektoral Menuju Satu Data,” tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Asisten III Setda Papua Barat berharap rakornis tersebut juga mengakomodir usulan kabupaten/kota terkait pembangunan teknologi informasi dalam mendukung pembangunan Papua Barat yang berbasis digital.

Terkait peran Diskominfo pada era digitalisasi saat ini, Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Papua Barat, Frans P. Istia, S Sos, MM menjelaskan peran Diskominfo, Persandian dan Statistik saat ini baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota saat penting dalam mendorong pembangunan daerah yang efesien dan efektif, serta memperlancar pelayanan publik pemerintahan.

‘Peran Diskominfo, Persandian dan Statistik saat ini seperti menyiapkan jalan tol guna memperlancar pelayanan publik perangkat daerah melalui aplikasi-aplikasi yang ada,” ujarnya dihadapan peserta. (Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat)

Sumber : https://infopublik.id/kategori/nusantara/614577/diskominfo-pb-gelar-rakornis-sinergitas-penyelenggaraan-spbe-dan-akselarasi-data-sektoral-menuju-satu-data

Leave a Comment