Perdana, 10 Ribu Pot Balsam Pala Fak-Fak Tembus Pasar Nasional

FAK-FAK, – Gubernur Papua Barat. Drs. Dominggus Mandacan,M.Si secara simbolis melakukan pengiriman perdana 10 Ribu Pot Balsam Pala Produksi Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) Tenggekahwang, Kampung Brongkendik, Distrik Fak-Fak tengah kepada PT. Kembang Christapharma Bandung, Kamis (11/11/2021).

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah turut membantu pada setiap tahan hingga adanya Produk Balsem dari buah Pala. Inovasi yang membanggakan tersebut sangat diharapkan berjalan sesuai target sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Hari ini kita bersama di kampung Brongkendik dan harapan hari ini memulai untuk balsam Pala ditandai dan dikirim. Tidak sebatas hari ini tetapi bulan berikut kirim terus sampai terus ke luar negeri,” Jelas Gubernur, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

“Membuka lapangan kerja baru, harapkan anak muda membantu orang tua dengan ilmu demi kemajuan kampung masing-masing, sehingga produk pala tidak sebatas balsem. Demikian balsam juga bisa tembus mancanegara, itu tanggubgjawab kita semua dan OPD terkait di Pemprov,” Sambungya.

Bupati Kabupaten Fak-Fak, Untung Tamsil, S.Sos selaku kepala pemerintahan mengucap syukur karena jati diri orang Fak-Fak telah diproduksi menjadi suatu produk. Hal lainnya pada momen spesial ini menjadi hadiah menjelang peringatan 121 Tahun Kabupaten Fak-Fak.

“Hari ini syukuri nikmat Tuhan, Buah Pala jati diri kita orang Fak-fak dan telah memproduksi satu karya dari kampung. Kerinduan ini seperti orang tua kita dulu,” Tambah Bupati Untung Tamsil,S.Sos.

Diuraikannya Bupati luasan kebun Pala kurang lebih sebesar 18 ribu hektar meliputi 15 dari 17 Distrik yang tersebar di Kabupaten Fak-Fak. Bupati meminta kerjasama hingga kedepannya tidak hanya balsem yang dipasarkan ke luar daerah, melainkan turunan produk lainnya.

“Terimakasih kepada Masyarakat Kampung Brongkendik atas kerja keras dan semangatnya. Saat ini kepemimpinan kami, walaupun waktu pemerintahan kami singkat tapi kami akan berpikir cepat berkolaborasi dengan dinas terkait untuk mengangkat kembali potensi pala ini,” Tandas Bupati Fak-fak.

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan sejarah singkat balsem Pala oleh Direktur Bumkam dan Direktur Green Economi Growth (GEG). Selanjutnya Pihak pembeli PT. Kembang Christapharma Bandung menggelontorkan 250 juta Rupiah untuk 10 Ribu Pot Balsam Pala dan berjalan setiap bulannya. Acara kemudian ditutup dengan prosesi adat dan foto bersama.

Turut mendampingi Gubernur dalam kunjungan kerja yakni Kadis Perindag Papua Barat, Kadis Nakertrans, Kadis Lingkungan Hidup, Kepala Balitbangda Papua Barat dan Wakil Ketua MRP Papua Barat. [kpb_01]

Leave a Comment