Gubernur Sambut Kunker Menteri Pertanian Beserta Jajaran di Papua Barat

KABUPATEN SORONG- Jumat (3/9/2021), Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si.,M.H beserta jajaran melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Papua Barat. Rombongan disambut oleh Gubernur Drs. Dominggus Mandacan,M.Si, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Papua Barat,Dr. Jacob S. Fonataba dan forkopimda.

Kunjungan Menteri Pertanian untuk memantau langsung salah satu lahan Sagu yang berlokasi di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong milik salah seorang petani, Melki Malagam. Pengecekan juga menyasar peralatan karena pada lahan yang memiliki luas tiga hektar terdapat rumah pengolahan Sagu.

“Hari ini tanggal 3 September 2021 ada kunjungan Menteri Pertanian beserta jajarannya, pejabat eselon I dan III berjumlah 141 orang berkunjung ke Tanah Papua. Dari Jayapura-Merauke dan tadi pagi sampai di Sorong untuk mengunjungi kegiatan pertanian. Kunjungan juga didampingi Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.S.i ke lokasi pengolahan sagu di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong,” Jelas Kadis TPHBun Papua Barat melalui sambungan telepon.

“Petani Pak Melki Malagam, memiliki luas lahan sebesar 3 hektar dan didalamnya ada rumah pengolahan Sagu. Jadi Pak Menteri ingin lihat langsung bagaimana alat-alat yang diberikan dari Kementerian Pertanian apakah sudah bisa dipakai sebagai alat pengolah yang lebih intensif untuk pengolahan sagu,” Tambahnya.

Melalui peninjauan, akhirnya Menteri Pertanian meminta jajarannya membantu penyempurnaan serta melengkapi proses pengolahan Sagu. Selain itu diminta untuk menata dusun Sagu yang ada agar memproduksi jumlah vegetasi/batangan pohon maupun peremajaan.

“Ternyata sudah berjalan dan ada produk yang dihasilkan, hanya masih ada beberapa alat yang perlu dilengkapi sehingga dapat menghasilkan produk olahan berkualitas. Jadi kalau pemilik lahan tadi Pak Melki sudah membuat rincian kebutuhan yang dipakai dalam proses pengolahan dan Pak Menteri tanggapi sangat baik sekali,” Tandas Dr. Jacob Fonataba. [kpb_01]

Leave a Comment