Papua Barat Optimis Kandidat Juara Anugerah Desa Wisata 2021

JAKARTA- Wakil Gubernur Mohamad Lakotani, S.H., M.Si bersama Kepala Dinas Pariwisata Papua Barat serta Staf Ahli Bidang Pembangunan mengikuti pembukaan Bimtek dan Workshop online Anugerah Desa Wisata Tahun 2021, Jumat (16/7/2021) secara virtual.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno optimis menata masa depan desa wisata sebagai simbol kebangkitan ekonomi. Selain itu perlu didukung stakeholder agar kedepan tercipta lapangan pekerjaan yang berpihak masyarakat ekonomi menengah kebawah.

“Harus membutuhkan komitmen terbaik untuk membangun wisata. Kita cari kompetensi yang baik bangkitkan SDM, beri pelatihan dan pendampingan serta cari Championnya,” Ucap Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Sesuai data yang dipaparkan hingga pukul 10.00 WIB, antusias desa yang terdaftar dalam even Anugerah Desa Wisata Tahun 2021 telah mencapai 1.627 peserta. Nantinya pengumuman pemenang akan disampaikan pada tanggal 7 Desember 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Barat, Yusak Wabia optimis Desa asal Papua Barat yang tersebar disejumlah Kabupaten/Kota akan keluar sebagai juara.

Menurut Wabia, potensi desa wisata asal Papua Barat memiliki ciri khas, alami dan menarik, dilengkapi adat istiadatnya.

“Saya optimis juara karena pada umumnya desa wisata ini berasal dari kawasan yang betul-betul alami dan menarik,” Tambah Kadis Pariwisata Papua Barat.

“Untuk desa wisata di Papua Barat yang sudah kita tetapkan dan usul sebanyak 14 desa. Dari Kabupaten Raja Ampat ada 8, Fak-Fak 3, Kaimana 1, Pegunungan Arfak 1 dan Kota Sorong 1 desa wisata,” Bebernya.

Perlu diketahui bersama jumlah pendaftar bisa saja mengalami perubahan meningkat waktu penutupan baru dilakukan hari ini pukul 23.59 WIB. [kpb_01]

Leave a Comment