Universitas Papua Luluskan 395 Wisudawan/i, Diingatkan Tingkatkan Kualitas

MANOKWARI- Rapat Senat Terbuka Universitas Negeri Papua (UNIPA) dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma Periode II Tahun Akademik 2020/2021 kembali digelar secara daring untuk ketiga kali dikarenakan masih dalam situasi pandemi covid-19.

Acara mengusung tema “Universitas Papua terus menghasilkan sumberdaya manusia yang transformatif, unggul dan kompetitif dalam menyambut tantangan pembangunan di era kebiasaan baru”, dipusatkan pada Aula Unipa, Rabu (31/3/2021).

Wisuda Periode II Tahun Akademik 2020/2021 meluluskan 395 wisudawan/i, diantaranya 33 orang Magister, 251 Sarjana, 94 Diploma III dan 17 orang Diploma II.

Sekertaris Daerah Papua Barat, Dr. Nataniel Mandacan saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Dominggus Mandacan bangga dapat menyaksikan wisuda generasi penerus bangsa.

“Kami sangat bangga dengan hadirnya 395 wisudawan/i di hari ini. Mereka calon pemimpin masa depan bangsa dan tanah air,” Ucap DR. Nataniel Mandacan.

Menjadi perhatian para lulusan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran pada sektor lapangan kerja serta tuntutan dibidang penguasaan kompetensi harus dapat diantisipasi secara cermat dan akurat. Selanjutnya peluang dan tantangan kerja ditingkat lokal, domestik dan internasional harus diidentifikasi dan dijadikan rujukan dalam memilih jenis dan program yang akan dilaksanakan.

“Harus disadari bahwa saat ini masyarakat dan dunia kerja semakin menuntut kualitas. Untuk itu peningkatan kualitas perlu dilakukan secara terus menerus, karena kualitaslah yang menentukan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan,” Harapnya.

Rektor Universitas Papua, Dr. Meky Sagrim S.P., M.Si. turut mengingatkan para wisudawan selalu menjaga kehormatan almamater dalam pengabdian kepada masyarakat.

Saat resmi dilantik, gelar akademik sesuai bidang keahlian telah resmi disandang dan sekiranya menjadi berkat bagi bangsa dan negara, terkhususnya pembangunan Tanah Papua.

“Saya Ketua Senat Universitas Papua dengan ini melantik saudara-saudari sebagai Magister, Sarjana, Ahli madya dan ahli muda Universitas Papua. Mulai saat ini saudara-saudari berhak menggunakan gelar akademik sesuai bidang keahlian,”

“Pesan saya kepada saudara-saudari, junjung tinggi kehormatan almamater dan berbaktilah kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan penuh tanggung jawab,” Tandas Rektor UNIPA, Dr. Meky Sagrim S.P., M.Si.

Agenda wisuda dihadiri para forkopimda, perwakilan wisudawan dengan predikat kelulusan cumlaude dan orang tua. Pihak universitas tetap menjalankan anjuran terkait protokol covid-19. [kpb_01]

Leave a Comment