Wagub Papua Barat Resmikan Operasional Program Tol Laut di Pelabuhan Kokas

KABUPATEN FAK-FAK – Pemerintah Provinsi Papua Barat telah menyambut secara perdana pelayaran Kapal KM. Logistik Nusantara 2 di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fak-Fak, Kamis (21/01/2021).

Penyambutan dan peresmian operasional Tol Laut yang merupakan program Presiden tersebut dilakukan secara langsung oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani didampingi Anggota Komisi V DPR RI Dapil Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie, Sekda Kabupaten Fak-Fak serta para pimpinan OPD dilingkup pemprov Papua Barat.

“Kapal dengan kode trayek T-19 adalah layanan khusus di wilayah Papua dan Papua Barat dengan rute Merauke-Kokas-Sorong-Biak/Korido-Depare/ Jayapura. Saya berharap kehadiran kapal ini untuk menunjang pendistribusian barang dan mengembangkan ekonomi di daerah terpencil dan daerah yang belum berkembang, serta upaya menurunkan disparitas harga,” Jelas Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani saat membacakan sambutan tertulis Gubernur.

Selain itu, Kehadiran kapal Tol Laut barang/container di pelabuhan Kokas perlu didukung penuh dalam mendorong peningkatan produk lokal dan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di Kabupaten Fak-Fak.

Hadirnya Tol Laut nantinya akan mendorong layanan listrik 24 jam dari PLN pada tahun 2021 di wilayah Kabupaten Fak-Fak, Sorong Selatan, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

“Selanjutnya untuk menunjang pendistribusian muatan dari kapal Tol barang dari dan ke pelabuhan Kokas untuk wilayah Kabupaten Sorong Selatan. Kita dorong layanan keperintisan penyeberangan lintas Kokas-Inanwatan. Dan untuk distribusi dari dan ke pelabuhan Kokas melalui darat ke kawasan transmigrasi di distrik Bomberay, Distrik Tomage, dan Kabupaten Teluk Bintuni.” Tambahnya.

“Kita dorong layanan penyeberangan perintis lintas tanjung Dirimatan-Tanjung Faramatan- dan jalan akses yang memadai,” tutup Wagub Mohammad Lakotani. [kpb_01]

Leave a Comment