Gubernur Sampaikan Sejumlah Kemajuan Provinsi Papua Barat pada HUT Ke-21

MANOKWARI – Hari ini merupakan sejarah bagi Provinsi Papua Barat yang telah memperingati ulang tahun Ke-21. Puncak peringatan yang ditandai dengan upacara bertempat di lapangan apel kantor Gubernur, Arfai, Manokwari, berjalan aman dan lancar.

Upacara tersebut dipimpin langsung Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan dihadiri Wakil Gubernur, Mohammad Lakotani, Sekda Nataniel Mandacan, Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

Mengawali rangkaian upacara dengan gagah pasukan pembawa bendera lambang Provinsi Papua Barat memasuki lapangan dilanjutkan dengan prosesi pengibaran sang saka Merah Putih.

Dalam sambutannya, Gubernur Dominggus Mandacan menyampaikan sejumlah perkembangan daerah yang tetap terjaga meliputi aspek ekonomi, Akses transportasi, Inflasi, Industri pengolahan dan Pertambangan.

“Selama 21 tahun, melalui perekonomian Papua Barat triwulan ke 4 tahun 2019 tumbuh terakselerasi seiring kinerja konsumsi pemerintah. Secara kumulatif pertumbuhan perekonomian Papua Barat tumbuh 22,6 persen positif meski lebih rendah dari tahun 2018. Pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi investasi, selanjutnya lapangan usaha terutama Industri pengolahan dan pertambangan tercatat tumbuh sangat tinggi,” Kata Gubernur Dominggus Mandacan.

“Dapat dikabarkan pula melalui kemajuan pembangunan sebagaimana telah terkoneksinya hampir semua kabupaten/kota di Papua Barat, baik melalui darat, laut, maupun udara. Provinsi Papua Barat turut berkontribusi dalam pembentukan serta pembangunan berbagai fasilitas keamanan diantaranya Kodam XVIII Kasuari, Polda Papua Barat, Kejaksaan Tinggi dan Pangkoarmada III wilayah Papua Barat,” Tambah Gubernur.

Gambaran sejumlah kemajuan patutlah disyukuri, akan tetapi Gubernur mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam menjamin kesejahteraan dan kemajuan provinsi Papua Barat. (kpb_01)

Leave a Comment