Tindaklanjut Arahan Pj. Gubernur Papua Barat, PTSP PPI Sanggeng Akan Segera Beroperasi

Manokwari- Kamis ( 16/03/2023 ), Dinas kelautan dan perikanan Papua Barat, Biro Perekonomian Papua Barat, dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) Provinsi Papua Barat, dinas Koperasi Papua Barat, Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan Manokwari dan pihak PT. Pertamina menggelar rapat. Rapat yang berlangsung di aula kantor dinas Kelautan dan Perikanan ini, sebagai tindaklanjut dari arahan penjabat Gubernur Papua Barat, terkait intervensi pemerintah daerah meredam gejolak inflasi di kabupaten Manokwari. Rapat membahas tentang sejumlah masukan dan kendala yang dihadapi setiap sektor, guna berkolaborasi dalam penempatan kantor PTSP di lokasi pangkalan pendaratan ikan ( PPI ) Sanggeng.

Plt. Kepala dinas Penanaman Modal dan PTSP Papua Barat, Sepnat Basna, SE, M.Si, kepada media Diskominfo Perstatik Papua Barat, usai rapat menjelaskan, bahwa tindak lanjut rapat ini atas arahan penjabat gubernur terkait pengendalian inflasi di Papua Barat. Dirinya optimis, dengan hadirnya PTSP pada PPI sanggeng, yang mana perizinan dan fungsi kontrol pihak dinas perikanan dan kelautan selaku UPTD serta pertamina selaku penyuplay BBM yang berpangkalan langsung di PPI, akan mampu menekan harga ikan di kabupaten Manokwari, yang selama ini menjadi salah satu penyumbang tingginya Inflasi.

“Rapat pada hari ini dilaksanakan menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Papua Barat, terkait dengan pengendalian inflasi. Kami dinas penanaman modal dan PTSP bersama dengan dinas kelautan dan perikanan, mempermudah pelayanan kami kepada nelayan, sehingga mengurangi harga ikan di Manokwari. Harga ikan ini mahal akibat dari pelayanan perizinan dsn kesulitan nelayan untuk memperoleh BBM, tapi juga kami libatkan teman-teman dari pertamina dan dinas koperasi,”jelas Septnat.

Dari rapat ini, juga terungkap bahwa pihak pemprov melalalui beberapa dinas terkait yang terlibat langsung, telah melakukan berbagai upaya dalam menindaklanjuti arahan Pj. gubernur Papua Barat tersebut. Salah satunya upaya merenovasi gedung yang akan dijadikan kantor PTSP di PPI sanggeng, yang ditargetkan dalam waktu dekat akan segera beropeasi.

“Saat ini kami sudah lakukan renovasi terhadap kantor PTSP yang ada di PPI, jadi dalam waktu dekat kita sudah menempatkan pegawai yang bertugas di sana. Fokusnya kami yang ditempatkan untuk bertugas untuk proses terbitkan dan tanda tangan setiap izin kepada nelayan. Kami harapkan pihak pertamina juga ada di PPI, sehingga memudahkan nelayan untuk memperoleh BBM. Kami juga hendak lakukan sosialisasi kepada nelayan,”Tandas Sepnat Basna.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment