Gubernur Papua Barat Mengikuti Video Conference Musrenbangnas RKP 2021

Manokwari (Diskominfo_Pb), 30 April 2020 bertempat di Swissbel Hotel. Gubernur Papua Barat bersama para pimpinan OPD mengikuti acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 yang diselenggarakan melalui Video Conference. Acara tersebut juga diikuti oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama seluruh kepala daerah se-Indonesia. Pada kesempatan ini Presiden Joko Widodo membuka Musrenbangnas dengan memberikan sambutan. Presiden mengatakan bahwa kegiatan ini adalah siklus berkelanjutan yang dilaksanakan untuk merencanakan pembangunan tahun depan. Pembangunan tahun 2021 harus adaptif mengingat saat ini kita sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19.

“Perencanaan pembangunan tahun 2021 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapai saat ini. Apa yang kita kerjakan tahun ini akan memberi fondasi bagi tahun yang akan datang” Jelas Presiden.

Presiden juga menerangkan bahwa saat ini pemerintah sudah melakukan penyesuaian target pembangunan dengan melakukan realokasi dan refocusing belanja secara besar-besaran. Pemerintah telah  membuat skala prioritas pada tiga hal, yaitu pada bidang kesehatan, jaring pengaman sosial bagi warga miskin, dan stimulus ekonomi agar pelaku usaha bisa bertahan dan mencegah terjadinya PHK. Presiden menambahkan bahwa dibutuhkan kecepatan untuk keselamatan seluruh masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan itu, Presiden menyerukan kepada semua pihak untuk menyiapkan diri dengan berbagai skenario. Seperti menyiapkan langkah-langkah mitigasi dampak kesehatan maupun mitigasi dampak ekonomi. Sekaligus juga menyiapkan langkah-langkah pemulihan jika penyebaran Covid-19 ini sudah bisa dikendalikan.

Leave a Comment