Kodam XVIII Kasuari Gelar Upacara Peringati HUT TNI Ke 79 Tahun 2024

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, dan isteri dalam hal ini Pj. Ketua TP PKK provinsi Papua Barat, Ny. Haja. Siti Mardiana Temongmere, SE, menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) ke 79 tahun, yang jatuh pada rabu, ( 05/10/2024 ).

Mengusung tema sentral, “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, upacara berlangsung terpusat pada lapangan Kodam  XVIII Kasuari Papua Barat dan bertindak selaku inspektur upacara, Kasdam XVIII Kasuari, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga.

Sambutan Tertulis Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, yang dibacakan Kasdam, Kasdam XVIII, mengajak untuk merefleksikan cita-cita dan amanat pejuang TNI sebagai prajurit yang profesional, responsip, integratif, modern dan adaptif dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Tema ini menggambarkan komitmen TNI dalam menjaga stabilitas nasional serta mendukung keberhasilan transisi kepemimpinan di Indonesia. Lebih dari itu, tema ini juga menekankan pentingnya sinergi antara TNI, Polri, dan instansi terkait guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut, prajurit TNI sebagai pihak pertahanan negara memiliki tanggung jawab dalam menjaga keadulatan dan keutuhan wilayah NKRI,”sebut Kasdam mengutip sambutan tertulis Panglima TNI.

Diakhir acara, Pj. Gubernur Ali Baham kemudian berkesempatan memberikan Tali Asih kepada para veteran, menyaksikan atraksi prajurit TNI Kodam Kasuari, hingga parade alutsisa.

Hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment