Pj. Gubernur Ali Baham Tegaskan Dukung Pengadilan Tinggi Saat Hadiri Upacara Peringati HUT Ke-79 Mahkamah Agung RI

MANOKWARI – Pengadilan Tinggi Papua Barat menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke-79. Mengusung tema “Peradilan Tangguh, Indonesia Maju” Upacara turut dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP, Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD, Senin (19/8/2024).

Membacakan pidato Ketua Mahkamah Agung RI, Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, Dr. Budi Santoso, S.H.,M.H mengungkapkan peringatan ulang tahun bukan sekedar seremonial, namun dijadikan momentum evaluasi capaian kinerja yang telah direalisasi.   Disamping itu menginstruksikan jajaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan, percepatan penyelesaian perkara dan menjaga kepercayaan publik.

Selanjutnya ditegaskan tangguhnya lembaga peradilan ditentukan oleh integritas dan profesionalitas. Selain itu tuntutan masyarakat terhadap peran lembaga peradilan yang adil, transparansi, kecepatan, kemudahan. Oleh sebab itu kemudahan teknologi telah membuka akses lebih luas bagi masyarakat untuk bisa mengetahui setiap tahapan proses perkara.

“Sebagai respons terhadap dinamika perkembangan zaman yang terjadi, kita sudah melakukan inovasi yang mendorong terjadinya perubahan secara signifikan bagi sistem peradilan kita. Saya berpesan kepada seluruh warga peradilan di Indonesia jagalah nama baik Mahkamah Agung dan badan peradilan dengan segenap jiwa dan raga, karena di tangan kitalah terletak kepercayaan masyarakat dan masa depan keadilan negeri ini,” Jelasnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP dan atas nama seluruh masyarakat mengucapkan selamat HUT Mahkamah Agung Ke-79 dan berharap tetap independen, konsisten, serta berintegritas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, khususnya di Papua Barat. Diketahui Mahkamah Agung sebagai puncak tertinggi peradilan di Indonesia beserta jajaran badan peradilan selain memberikan pelayanan terbaik, dari tahun ke tahun sudah tentunya selalu membuka diri untuk dikontrol oleh masyarakat tentang kinerja.

Ia menegaskan, selaku Penjabat Gubernur Papua Barat selalu memberikan dukungan yang sangat tinggi. Selain itu juga mengetahui bahwa lembaga peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung terus berinovasi, mengupdate diri menyesuaikan teknologi informasi yang berkembang pesat.

“Ini juga terbukti pelayanan peradilan itu malah lewat zoom bisa dilayani, ini kemajuan luar biasa dan terimakasih. Termasuk dukungan fasilitas yang ada ini meski masih sederhana tetapi apa yang disampaikan kita dukung terus tahun depan mudah-mudahan kantor baru supaya kita ada di kantor barunya,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment