Pj. Gubernur Ali Baham, Kapolda Papua Barat dan PJU Saksikan Pergelaran Wayang Spesial HUT Bhayangkara Ke-78 Secara Virtual

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP menghadiri nonton bersama pergelaran wayang kulit spesial HUT Bhayangkara Ke-78 bersama Kapolda Irjen Pol Johnny Eddizon Isir,S.I.K.,M.T.C.P dan Jajaran PJU secara virtual. Diketahui kegiatan ini setiap tahunnya digelar, yang tentunya memiliki tujuan melestarikan budaya Bangsa, Jumat (5/7/2024) berlokasi di Kediaman Kapolda Papua Barat, Soribo, mulai tepat pukul 22.00 WIT.

Pantauan Media Diskominfo Papua Barat dengan mengenakan kemeja Batik, puluhan peserta sangat menikmati acara yang diprakarsai Mabes Polri, diikuti seluruh jajaran Polda se-Indonesia. Ada yang berbeda pada pergelaran tahun ini karena menampilkan kurang lebih 10 jenis wayang dari sejumlah daerah di Nusantara.

Selain itu melibatkan 11 ribu pelaku UMKM yang sekira dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat dengan total undangan yang hadir 6 ribu orang.

Acara dilanjutkan penyerahan lakon wayang kepada 4 orang dalang oleh Kapolri, Panglima TNI, Ketua Mahkamah Agung dan Ketua Kompolnas Republik Indonesia. Berikutnya Kapolri menerima penghargaan Rekor MURI Wayang terbanyak dan kategori UMKM terbanyak.

Adapun lakon/cerita pada pergelaran wayang tahun ini adalah tumurume Wiji sejati, artinya lahirnya seorang kesatria sejati, tujuannya agar selalu menjadi anggota Polri yang mengemban amanah masyarakat untuk terus membela kebenaran dan kejujuran.

Sebelum pergelaran, diawali gendhing patalon yang merupakan konser karawilan, dibunyikan tepat sebelum pertunjukan wayang dimulai.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment