Pj. Gubernur Ali Baham Serahkan GovTech Indonesia “INA Digital” Menuju Satu Data Terintegrasi SPBE

MANOKWARI – Senin (3/6/2024), Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP telah menyerahkan modem Government Technology (GovTech) Indonesia yang diberi nama INA Digital kepada Pj. Sekda Dr. Ir. Jacob Fonataba. Dijelaskan sebelumnya proses peluncuran dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangkaian acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui GovTech adalah lembaga yang bakal bertugas mengintegrasikan keterpaduan layanan digital pemerintah secara nasional. Pasalnya selama ini telah terdaftar ribuan aplikasi atau platform di Indonesia.

“Saya juga hadir di Istana untuk mengikuti kegiatan itu dan saat ini sistem sudah berupa sebuah modem dan ada buku petunjuknya. Saya serahkan kepada Pj. Sekda Papua Barat untuk meneruskan ini baik persiapan SDM maupun terkait fasilitasnya,” Ujarnya menyerahkan disaksikan Forkopimda dan ASN.

Ditambahkan Pj. Gubernur Ali Baham, arahannya bertujuan agar semua data bernaung pada satu platform dalam rangka pelayanan publik lebih optimal se-Indonesia. Perlu disadari dalam realisasinya tidak dapat terhindarkan bahwa optimalisasi pelayanan publik Indonesia dan daerah dipengaruhi digitalisasi.

“Dari sekian ribu aplikasi di kementerian lembaga, Pemda provinsi maupun Kabupaten dan masing-masing bisa melahirkan aplikasi sendiri-sendiri, ini secara nasional diintegrasikan menjadi satu. Jadi kedepan itu nanti semua bisa dilihat disini, mau ekonomi segala macam,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment