Pj. Gubernur Ali Baham Tegaskan Pancasila Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045

MANOKWARI – Senin (3/6/2024), Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila diikuti Forkopimda dan ASN. Dalam momen spesial tersebut Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP juga menghaturkan ucapan dukacita atas berpulangnya pencipta lagu “Tanah Papua” Yance Rumbino.

Membacakan sambutan tertulis Kapala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Pj. Gubernur Ali Baham menegaskan dalam Pancasila terkandung nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi dan gotong royong, dan keberagaman sebagai berkaitan dalam rajutan identitas nasional Bhineka Tunggal Ika.  Disamping itu Pancasila terbukti mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah.

“Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. Pancasila harus selalu kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadiran dan manfaatnya seluruh tumpah dara Indonesia,” Jelasnya.

Ditambahkan, perkembangan situasi Global ditandai kemajuan teknologi komunikasi sebagai tantangan tersendiri, sehingga Pancasila diharapkan menjadi penyaring agar Indonesia tidak mengalami disorientasi masa depan. Oleh sebab itu akses informasi melalui beragam media rus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten narasi positif.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan diatasi. Kita harus bekerjasama, kolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment