Dipimpin Pangdam XVIII/Kasuari, Apel Kehormatan dan Renungan Suci Peringati HUT RI Ke-79 Dihadiri Pj. Gubernur Ali Baham

MANOKWARI – Apel Kehormatan dan Renungan Suci mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan telah berlangsung di Taman Makam Pahlawan, Jumat (16/8/2022) dimulai sekira pukul 23.50 WIT.

Pantauan media, Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP turut hadir didampingi sejumlah pimpinan OPD. Selain itu Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Johnny Eddizon Isir,S.I.K.,M.T.C.P, Perwakilan DPR Papua Barat, dan undangan lainnya.

Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han) bertindak selaku Inspektur, membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami yang hadir pada hari ini Jumat 16 Agustus 2024, pukul 24.00 WIT, pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan. TNI pahlawan 25 orang, Pegawai Sipil 4 orang, Pahlawan tidak dikenal 120 orang,” Ucap Pangdam XVIII Kasuari.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, akan keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” Sambungnya.

Seluruh peserta kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur upacara dan momen sakral tersebut ditutup dengan doa.

Apel kehormatan dan renungan suci akhirnya berlangsung dengan penuh hikmat dan lancar. Para personil yang terlibat berasal dari Kodam XVIII Kasuari, Polda Papua Barat, Fasharkan TNI Angkatan Laut, Brimob, Korsik dan Pramuka.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment