Promosikan UMKM Lokal ; Disperindag Papua Barat Gelar Pameran Dagang Lokal 2024

Manokwari – (09/08/2024) Pameran Dagang Lokal Tahun 2024 oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat berlangsung meriah diikuti oleh peserta dari berbagai Kabupaten.

Kegiatan yang diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Manokwari ini menjajakkan banyak produk dari UMKM lokal antara lain, dari Kabupaten Manokwari menawarkan aneka ragam Batik Papua, Aneka olahan sagu dan kentang, Kerajinan tangan seperti noken, pajangan rumah kaki seribu, dan lainnya. Selain itu dari Kabupaten Fak-Fak terdapat Aneka olahan dari buah pala seperti selai, sirup, permen, dan kecap. Kabupaten Pegunungan Arfak menyajikan Kopi Pegafnya. Juga dari Kabupaten Manokwari Selatan dengan Coklat Mansel yang sudah berhasil diekspor ke mancanegara. Dari Kabupaten Teluk Bintuni terdapat produk olahan dari buah merah, minyak aromaterapi dari kulit lawang, juga olahan sagu dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan itu, Asisten III Setda Papua Barat Otto Parorongan yang hadir mewakili Penjabat Gubernur menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda penting bagi daerah,

“Sektor industri berperan dalam hal akselerasi pembangunan dengan memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mampu menciptakan nilai yang lebih tinggi dari berbagai komoditas. Diperlukan sinergitas untuk membangun sektor industri dan perdagangan. Pelaksanaan Pameran Lokal bagi pelaku UMKM di Provinsi Papua Barat ini merupakan agenda penting dalam penyusunan agenda kerja daerah sektor perdagangan termasuk juga agar kabupaten se-Provinsi Papua Barat dapat menyelaraskan rencana kerja dengan rencana kerja yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Papua Barat. Sesuai arahan Penjabat Gubernur Papua Barat, pelaku UMKM diharapkan dapat berinovasi sehingga mampu bersaing di pasaran” jelas Otto.

Ketua Panitia Bajanudin Iribaram, SE menyampaikan bahwa kegiatan itu diselenggarakan guna memperkenalkan produk dari UMKM lokal,

“Kegiatan Pameran Pangan Lokal tahun 2024, merupakan kegiatan guna memperkenalkan, mempertunjukan serta meningkat citra produk dari UMKM daerah. Juga untuk menyampaikan informasi terkait strategi dalam peningkatan dan fasilitasi bagi pelaku usaha UMKM berpotensi dan berpeluang ekspor di daerah. Juga untuk memastikan pertumbuhan pelaku usaha dalam perbaikan perekonomian, membuka lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan bagi daerah” terangnya.

Kegiatan Pameran Dagang Lokal 2024 ini akan berlangsung selama dua (2) hari sejak Jumat, (09/08/2024) hingga Sabtu (10/08/2024).

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment