Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere Khotib Sholat Idul Adha 1445 Hijriah, Uraikan Keteladanan Nabi Ibrahim as

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere,MTP dan Isteri, Ny. Hj. Siti Mardiana Temongmere,SE mengikuti sholat Idul Adha 1445/2024 M di lapangan Makodim, Senin (17/6/2024).

Bertindak sebagai Khotib, Pj. Gubernur Ali Baham mengambil judul Nabi Ibrahim as teladan abadi. Selain itu momentum hari raya idul adha dan ibadah haji tidak bisa dipisahkan dari sosok Nabi Ibrahim as, dan banyak poin keteladanan yang harus diambil serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, ia memiliki idealisme berkelanjutan yang sejak mudah telah menanamkan nilai kebenaran dan tidak bisa membiarkan kebathilan. Selanjutnya keteladanan oleh Nabi Ibrahim adalah baik sangka, menghidupkan suasana dialogis dalam keluarga, dan memiliki ketajaman hati.

“Karena itu, sejak muda seharusnya seseorang sudah membersihkan dirinya dengan taubat dan ini merupakan sesuatu yang sangat istimewa sehingga Allah lebih mencintainya ketimbang orang tua yang taubat, Rasulullah SAW bersabda,” Jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu isyarat yang harus ditangkap dari ibadah haji dengan melalui tahapan dan proses yang cukup panjang, sehingga dirinya mengajak umat menunaikan doa demi keselamatan para jemaah yang berada di tanah suci. Selain itu jika sesudah haji, Bapak dan Ibu seharusnya menjadi tokoh-tokoh pergerakan dalam kebaikan.

Diakhir khotbah, ia mengingatkan marilah menjaga kebersamaan, solidaritas, dalam negara tercinta. Disamping itu umat Islam harus jadi penguat, pemersatu dan rahmat bagi banyak orang.

“Hewan Qurban yang insyaallah disembelih jangan makan sendiri, saya himbau kepada semuanya agar juga memberikan kepada keluarga terdekat, apapun agamanya. Inilah barangkali rasa peduli sosial kita bahwa wujud Islam sebagai rahmat sekalian alam,” Terangnya.

Sekertaris PHBI Kabupaten Manokwari, Purnomo mengumumkan jumlah hewan qurban Sapi sebanyak 496 ekor dan kambing 16 ekor (diluar warpramasi). Jika ditambah data Warpramasi dapat diperkirakan jumlah hewan qurban 650 ekor.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment