Pj. Gubernur ABT Kukuhkan Anggota GTD-BHAM Papua Barat : Kerja Profesional Berintegritas

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, mengukuhkan kurang lebih 30 anggota Gugus Tugas Daerah Bisnis dan Hak Asasi Manusia ( GTD-BHAM ). Pengukuhan itu berlangsung pada aula lantai I kantor gubernur di Arfai, senin ( 10/06/2024 ).

Pj. Gubernur ABT, Dalam arahannya, memberi mandat kepada gugus tugas yang baru dikukuhkan, untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, profesional, berintegritas dalam menjalankan tugas.

“Kepada anggota gugus tugas yang baru di kukuhkan, saya titip beberapa pesan bekerjalah dengan sungguh-sungguh, profesional, berintegritas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,”ungkap Pj. Gubernur ABT.

Lebih lanjut masih dalam arahannya, Pj. Gubernur ABT,  juga mengemukakan tugas utama GTD-BHAM, yakni meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada para pemangku kepentingan tentang bisnis dan HAM, mengembangkan regulasi bisnis yang mendukung dan menghormati HAM, memfasilitasi dialog dan kerjasama antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan bisnis dan HAM di wilayah atau nama daerah. Menyusun laporan berkala kepada pemerintah pusat dan daerah.

“Harapan saya, dengan pengukuhan GTD-BHAM ini, mendapat dukungan dari semua pihak untuk berperan aktif seperti yang telah diamanatkan, semoga menjadi motivasi dan semangat bagi kita dalam meneguhkan kemajuan Ham bagi setiap menuju Indonesia maju,”tandas Pj. Gubernur ABT.

Gugus tugas dan Ham provinsi Papua Barat yang ( GTD-BHAM ) ditetapkan dengan keputusan Pj. Gubernur nomor 63 tahun 2024 beranggotakan organisasi perangkat daerah provinsi, Kanwil Kemenkumham serta mitra non pemerintah. Gugus tugas bisnis dan Ham dibentuk sebagai pelaksanaan amanat peraturan presiden nomor 60 tahun 2023 tentang strategi nasional bisnis dan Ham bertujuan merencanakan, mengoordinasikan serta memantau pelaksanaannya di provinsi Papua Barat.

Hadir dalam pengukuhan itu, Pj. Sekda Papua Barat dan beberapa pimpinan OPD terkait di lingkup Pemprov Papua Barat serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment