Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere Lantik Anggota Pansel Seleksi DPRK Se-Papua Barat Periode 2024-2029

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP resmi melantik anggota panitia seleksi Anggota DPRK periode 2024-2029 melalui mekanisme pengangkatan. Ia juga mengapresiasi kinerja panitia pemilihan yang telah bergerak cepat dan pembentukan pansel pada 7 kabupaten dapat berjalan tepat waktu, Selasa (4/6/2024) dipusatkan pada salah satu hotel.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Ali Baham mengungkapkan perlu disadari dalam tahapannya melalui dinamika yang patut dipahami bersama. Selain itu menjadi suatu sejarah besar, pasalnya Papua Barat bakal menjadi contoh bagi provinsi lain karena mampu menjalankan amanat undang-undang.

Ia juga menginstruksikan kepada pansel segera menyusun tahapan program dan menjalani koordinasi dengan kabupaten untuk memastikan kesiapan. Adapun poin yang menjadi penegasan meliputi ketersediaan anggaran, surat Bupati dan masyarakat adat.

“Khsus para pansel dapat mengikuti bimtek secara baik agar pelaksanaan lapangan tidak cacat hukum. Harap sodara kerja secara profesional dan berpedoman pada peraturan berlaku, tegas dan tidak ada toleransi diluar aturan,” Tegasnya.

Ditambahkan, Papua Barat yang terdiri dari dua wilayah adat yakni Doberay dan Bomberay harus terus bersatu agar proses ini seyogyanya dapat mencetak pemimpin orang asli Papua yang terbaik dari unsur Adat, Agama dan Perempuan. Selanjutnya bagi peserta yang ingin mengikuti seleksi persiapkan diri sebaik-baiknya karena proses akan bersamaan dan harapan tepat waktu sesuai tahapan.

“Pemerintahan ini dinamis dan ini sejarah, sebelumnya belum pernah ada di republik ini bahkan selama Otsus berjalan babak pertama. Mulai dari panpil dan pansel adalah sejarah negara memberikan ruang karena negara paham. Jangan sampai salah lagi, ini memang khusus orang asli Papua,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment