Situs Bersejarah Patimburak Saksi Sejarah Putra Mbaham Matta Launching Listrik Desa

FAKFAK – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP menyambangi kampung Patimburak, Distrik Kokas dan melaunching Listrik Desa yang tentu mendukung semua aspek kehidupan masyarakat. Ia bersama rombongan bertolak dari pelabuhan Kampung Kinam menumpangi speedboat dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit, Jumat (9/2/2024).

Diungkapkan syukur kepada sang pencipta dalam momentum isra mi’raj menjadi berkah, hadir meresmikan listrik desa di 3 distrik yakni Kokas, Goras dan Karas.

Lokasi peresmian juga merupakan suatu situs sejarah perkembangan masuknya agama Islam Tanah Papua, tepat di halaman Masjid Tua Wertuar Patimburak. Menjadi penting untuk dipahami apa yang terpampang adalah program nasional, Indonesia terang, Papua, Papua Barat dan Fakfak terang.

“Mensyukuri itu, berterimakasih kepada GM dan semua yang sudah beri perhatian, hampir 6 bulan Kokas nyala 24 jam. Beberapa distrik sudah menyala, komitmen utuh, saya mau datang dan ambil berkahnya,” Ujarnya.

Disisi lain hadirnya listrik juga turut mendukung pembangunan sumberdaya manusia, perekonomian, keagamaan dan aktivitas masyarakat. Tak lupa dihimbau kepada para generasi penerus memanfaatkan fasilitas ini untuk belajar demi menggapai cita-cita.

Dirinya juga telah berkomunikasi dengan LNG Tanggu berkaitan dengan jatah gas untuk Fakfak dan Bintuni dapat dimanfaatkan untuk penerangan.

“Kami harap angka minat baca dan beribadah dapat berkembang. Ada porsi untuk Fakfak dan Bintuni mungkin dipakai untuk listrik, PLTMG di Fakfak dan Bintuni dibahas lagi untuk tentukan langkah-langkah,” Serunya.

General Manager Induk PT. PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono menyampaikan pihaknya tidak bisa berjalan sendiri, tetapi harus berkolaborasi dan bersinergi dengan stakeholder dan khusus pemerintah daerah. Dilaporkan tahun 2023-2024 khusus sekitar Fakfak 13 lokasi telah dibangun, 9 lokasi sudah selesai 4 progres target selesai sebelum puasa.

“Untuk bisa melistriki masyarakat luncurkan dana 1,2 miliar, jaringan 4 km dan 1 gardu distribusi. Kami dorong support agar tingkat hidup masyarakat meningkat. Hadirnya PLN dan listrik kami harap kualitas pendidikan, kesehatan, dan menggerakkan ekonomi keluarga,” Urainya.

Dalam momen itu juga diserahkan bantuan renovasi dan pembangunan Masjid melalui yayasan sebesar 50 juta rupiah dan program bidan cahaya untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment