Pj. Gubernur Waterpauw Salurkan Bantuan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II Bagi 32.919 Penerima Se- Papua Barat

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si menyalurkan cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahap kedua bagi 7 Kabupaten. Turut hadir sebagai perwakilan penerima Bupati Manokwari dan Sekda Kabupaten Pegunungan Arfak, Selasa (12/9/2023).

Pj. Gubernur Waterpauw menjelaskan ini merupakan program kelanjutan yang dibijaki sesuai petunjuk Presiden melalui perum Bulog, dan memberikan instruksi kepada Badan Pangan Nasional. Penyaluran bantuan kepada 32.919 penerima, tujuannya mengurangi beban pengeluaran masyarakat .

Waterpauw juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar bangkit dan memaksimalkan potensi lahan dan pemberian bantuan berupa beras selama tiga bulan menjadi dorongan awal. Disamping itu menjaga kerawanan pangan, mengatasi kemiskinan Ekstrem, Stunting dan inflasi.

“Saya himbau kepada masyarakat kerja mafaatkan lahan. Mudah-mudahan kita hari ini berikan bantuan, pemerintah berikan dukungan itu pemicu kita semua. Kita terus bersyukur karena begitu besar kepedulian pemerintah pusat dan program ini baik adanya,” Ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat, Lasarus Ullo,S.P.,M.Si melaporkan penerima bantuan pangan akan memperoleh beras 10 Kg selama tiga bulan terhitung periode September hingga November 2023. Penyaluran CPP sebagai upaya menanggulangi kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari fluktuasi harga.

Adapun rincian penerima setiap Kabupaten :
1. Kabupaten Manokwari, 10.046 penerima.
2. Kabupaten Manokwari Selatan 2.271 penerima.
3. Kabupaten Pegunungan Arfak, 3.439 penerima.
4. Kabupaten Teluk Bintuni, 3.817 penerima.
5. Kabupaten Teluk Wondama, 2.454 penerima.
6. Kabupaten Fakfak, 7.670 penerima.
7. Kabupaten Kaimana, 3.222 penerima.

Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou mewakili para kepala daerah menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Papua Barat atas penyaluran bantuan cadangan beras tahap kedua ini. Sekira dapat bermanfaat mengurangi beban rumah tangga dan menekan laju inflasi.

“Saya mewakili seluruh Pemda dan masyarakat yang akan menerima bantuan cadangan beras dari Pemprov, haturkan terimakasih kepada Gubernur Papua Barat beserta jajaran yang tidak hentinya berikan pelayanan maksimal kepada masyarakat” Tandasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment