Ketua TP PKK Papua Barat Berikan Kuliah Umum, Materi Internalisasi Nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika terhadap Budaya Digital

Fakfak , Ratusan Mahasiswa Politeknik Negeri Fakfak mengikuti kuliah Umum yang disampaikan langsung oleh Ketua TP PKK Papua Barat Roma Megawanty P S.kom M.si di Aula Poliner Fakfak Senin 4 September 2023.

Roma Megawanty P S.kom M.si menjelaskan, Pencapaian Impian dan Visi Indonesia Tahun 2045 hanya bisa diraih dengan mengacu pada 4 Pilar Pembangunan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang 1945 sbg dasar berbangsa, bernegara dan konstitusi.

Menurutnya ada 4 Pilar Pembangunan tersebut adalah :
1. Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
3. Pemerataan Pembangunan
4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan

Untuk mewujudkan visi Indonesia 2045 perlu sinergi dan kolaborasi dari semua unsur tidak hanya peran dari unsur pemerintah namun juga dibutuhkan peran dari masyarakat dan Generasi muda terutama Mahasiswa.

“ Sehingga difokuskan pada Pilar Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sub Judul Teknologi menjadi fokus untuk dibahas dengan Tujuan agar mahasiswa dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi terutama di Dunia Digital,” Katanya

Roma Menambahkan, Untuk mampu menguasai Dunia Digital harus berpedoman pada empat Pilar Literasi Digital, yaitu Aman Bermedia Digital dengan arti, Kesadaran diri untuk melindungi sistem digital pribadi dari seserangan-serangan digital dapat dilakukan ddengan Melindungi seluruh perangkat digital yg digunakan; Menerapkan 2FA (Two Factor Authentication); rutin melakukan backup data.

Etis Bermedia Digital artinya Dalam bermedia digital harus Etis dikarenakan adanya perbedaan kultur, interaksi antar budaya yang menciptakan standar baru tentang etika, adaya konektivitas banyak orang yg melintasi geografis dan budaya, sebagai cara untuk membangun komunikasi lebih jauh dan berkolaborasi dengan banyak orang.

“Ber Etika juga meliki arti melakukan sst dgn sadar dan memiliki tujuan, kemauan menanggung konsekuensi dari perilakunya, Integritas ; kejujuran, menghindari plagiasi dan manipulasi dan Kebijakan ; memiliki ninil kemanfaatan, kemanusiaan dan kebaikan,” ungkapnya.

Cakap Bermedia Digital artinya Dapat mengembangkan potensi diri dalam pemanfaatan dunia digital untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar dan sesama.

Mantan Mahasiswa S2 UI juga meminta mahasiswa Memiliki Kemampuan untuk membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa dan membangun wawasan Kebangsaan Nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital dalam kehidupan berbudaya, berbangsa dan bernegara, dalam berjejaring di ranah digital untuk dapat menciptakan rasa aman dan nyaman.

Materi yang disampaikan Ketua TP PKK Papua barat itu mendapat apresiasi dari mahasiswa Maryam yang saat itu bertanya menyatakan materinya sangat bagus dan bisa memberikan mereka pengetahuan bagaimana menjadi santun dalam bersedia sosial.

“Kami senang dengan materi digital yang disampaikan , kedepan kami akan lebih bijak dan berhati hati menggunakan media sosial,” katanya.

Lakodar, mahasiswa Poliner juga sangat senang materi yang disampaikan ternyata bermanfaat untuk keseharian dirinya berkuliah. “ saya senang trimakasih ibu gubernur yang sudah membawakan materi dunia digital” tuturnya.

Materi yang disampaikan Ketua TP PKK papua barat itu juga mendapat apresiasi dari pengurus Kampus dan bahkan mereka meminta Ketua TP PKK untuk setiap bulan bisa memberikan materi di Kampus.

Sumber : Tim Media Pj. Gubernur PB.

Leave a Comment