Rektor Universitas Papua Membuka PKKMB T.A 2023/2024 diikuti 1455 Mahasiswa Baru

MANOKWARI – Rektor Universitas Papua, Dr. Meky Sagrim,S.P.,M.Si membuka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2023-2024 yang diikuti 1455 calon mahasiswa. Dalam momen spesial itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim menyampaikan sambutan secara virtual, Senin (21/8/2023).

Menurut Menteri Nadiem, program merdeka belajar kampus merdeka dirancang untuk mengajarkan mahasiswa dapat berkontribusi bagi kehidupannya. Oleh karena itu mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki disiplin ilmu masing-masing tetapi harus membentuk potensi dan karakter lainnya.

“Beberapa diantaranya seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kreativitas. Selain itu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus agar memperkaya pengetahuan dan pengalamannya,” Ujarnya.

Rektor Unipa, Dr. Meky Sagrim,S.P.,M.Si tegas menyatakan bahwa pilihan masuk ke Universitas Papua adalah keputusan yang tepat karena hadir memberikan untuk pelayanan dalam menimbah ilmu.

Disamping itu PKKMB dilaksanakan untuk memberikan pemahaman awal bahwa dunia kampus berbeda saat masih menempuh pendidikan jenjang SMA. Rektor mengingatkan dunia sekarang penuh persaingan, kiranya menjadi pemicu kepada calon mahasiswa agar bisa berkembang secara baik. Rektor juga menyematkan tanda peserta menandakan keikutsertaan selama tiga hari.

“Gunakan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh, banyak sekali kebijakan, bahkan internal banyak fasilitas disiapkan untuk berkuliah dengan baik. Dunia kampus adalah dunia yang dituntut kepada saudara-saudari untuk memahami belajar mandiri, mempersiapkan diri secara mandiri,” Terangnya.

Ketua Panitia, Makarius Bajari menguraikan sesuai data dari bagian akademik tercatat calon mahasiswa yang mengikuti PKKMB diantaranya Fakultas Kehutanan 151 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 201, Sastra Budaya 79, Fakultas Pertanian 100, Teknologi Pertanian 49, Fakultas Teknik 274, Pertambangan dan Perminyakan 177 orang, Peternakan 41, Keguruan dan Ilmu Pendidikan 239, Perikanan dan Ilmu Kelautan 63, Kedokteran 39 dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam sebanyak 42 orang sehingga total keseluruhan 1445 peserta.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment