Hasil Komunikasi Bersama Pj. Gubernur Belum Ada Rencana Usulan Tambah Kota IHK di Papua Barat

MANOKWARI – Provinsi Papua Barat saat ini hanya memiliki satu Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yaitu Manokwari pasca pemekaran DOB beberapa waktu lalu. Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kenaikan (inflasi) dan penurunan (deflasi).

Kepala BPS Papua Barat, Maritje Pattiwaellapia,S.E.,M.Si menyebut hingga saat ini IHK di Papua Barat masih meliputi dua kota meski telah berstatus berbeda provinsi antara Papua Barat dan Papua Barat Daya. Oleh sebab itu kedepannya Manokwari akan menjadi sister city untuk Kabupaten yang lain, sama halnya dengan Kota Sorong.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Penjabat Gubernur Papua Barat, alhasil dengan segala pertimbangan untuk sementara belum adanya usulan penambahan Kita IHK tetapi masih sama yaitu Manokwari. Diakui Maritje dengan konektivitas antar wilayah di Papua Barat meliputi transportasi laut dan udara pada semua Kabupaten tidak memberikan pengaruh signifikan.

“Kami sudah bicara dengan Bapak Gubernur dan arahan masih tetap Manokwari,” Jelasnya kepada sejumlah awak media, Senin (3/4/2023).

Sempat diberitakan sebelumnya tertanggal 4 Maret 2023 lalu, saat rapat bersama membahas Inflasi Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si sempat menyebut akan mengusulkan penambahan Kota IHK di Papua Barat. Dirinya juga meminta agar kabupaten lain dapat dilibatkan untuk penilaian tim berkaitan dengan kota IHK, sehingga ada keseimbangan.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment