Raker Universitas Papua Tahun 2023, Transformasi Restorasi Sistem Perencanaan Wujudkan Visi 2035

MANOKWARI – Rapat Kerja Universitas Papua Tahun 2023 resmi berlangsung dan dibuka Rektor, Dr. Meky Sagrim,S.P.,M.Si. Agenda tersebut mengusung tema “Melalui Raker Unipa Tahun 2023 kita wujudkan proses transformasi dan restorasi sistem perencanaan yang bottom up dan berorientasi pada output”, Senin (20/3/2023).

Disampaikan Rektor ini menjadi Raker Ke-4 masa kepemimpinannya dan menjadi wadah menyatukan persepsi yang berfokus pada proses perencanaan program serta revisi Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) sesuai kebutuhan.

Ditambahkan Rektor proses ini juga merupakan upaya mewujudkan dan mencapai cita-cita Unipa tahun 2035 menjadi perguruan tinggi yang mandiri, bermartabat, berkarakter kewirausahaan, dan berbasis pertanian berkelanjutan.

“Visi 2035 akan tercapai apabila perencanaan terstruktur dan Renstra akan disusun dalam raker ini. Saya berharap hasilnya akan ditindaklanjuti di DIPA,” Jelasnya.

Dr. Meky Sagrim,S.P.,M.Si juga mengingatkan jajarannya memperhatikan peraturan menteri keuangan nomor 110 tahun 2021 bahwa tidak ada lagi proses realisasi Dipa yang dilakukan secara gelondongan. Oleh sebab itu pelaksanaan hanya bisa dilakukan berdasarkan apa yang termasuk dalam kertas kerja atau rencana kerja anggaran (RKA) yang termuat dalam DIPA harus realisasikan sesuai dalam perencanaan.

“Kiranya proses yang akan dilaksanakan hari ini membawa manfaat bagi kita semua. dan kita punya prinsip perencanaan ini harus dilakukan duduk bersama,” Harapnya.

Ketua Panitia Raker, Edison Bebari,S.Sos.,M.P.A menyebut Raker Unipa diikuti 42 peserta dan menjadi forum para pimpinan lingkup universitas pada berbagai jenjang untuk membahas sejumlah hal mencapai visi misi serta tujuan Unipa. Selain itu “Transformasi dan Restorasi” hendaknya menjadi kata kunci yang mewarnai setiap perbincangan.

Adapun output/keluaran setiap dokumen yang diserahkan saat Raker berisi laporan evaluasi dan capaian kinerja triwulan pada tahun anggaran 2022 berdasarkan perjanjian kerja. Selanjutnya membuat martix kegiatan tahunan unit kerja tahun 2023.

Disisi lain outcome yang diharapkan adanya peningkatan kualitas program kerja tiap unit yang selaras dengan Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Pada akhirnya akan meningkatkan kinerja untuk mencapai visi dan misi Unipa tahun 2023 menjadi Universitas riset dan berdaya saing,” Terangnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment