Rapim Kodam XVIII/Kasuari mendukung Percepatan Pembangunan di Papua Barat

Manokwari-Rapim Kodam XVIII/Kasuari Tahun Anggaran 2023, Senin (27/02/2023) berlangsung di Aula Makodam XVIII Kasuari.

Mewakili Penjabat Gubernur, Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Papua Barat, Legius Wanimbo, S.Pt., MM menyampaikan arah kebijakan Pembangunan Daerah dan Peran Kemitraan KODAM XVIII KASUARI Mempercepat Pembangunan Kesejahteraan Dalam Perspektif Otonomi Khusus Papua di Provinsi Papua Barat.

Legius menyampaikan dalam rangka meningkatkan IPM perlu dengan konsentrasi pada komponen pendidikan kesehatan dan ekonomi. Selain dari dana otsus 1.25 %, demikian pula dari salah satu sumber dana otsus dialokasikan 35%, pendidikan kesehatan.

“Selain dari dana otsus 1.25 %, demikian pula dari salah satu sumber dana otsus dialokasikan 35%, itu berarti pendidikan ada 65% dan juga ada alokasi sumber dana lainnya juga ada bahkan kesehatan 25% itu juga dalam rangka IPM.

Dengan demikian beberapa strategi yang di lakukan untuk mempercepat peningkatan IPM yaitu dengan program yang sinergi dengan Program yang dilakukan oleh Kodam XVIII Kasuari salah satunya merekrut Anggota TNI yang baru.

“Ada Rekrutmen tenaga atau ade-ade kita di Papua Barat untuk masuk sebagai TNI, sudah ada 1000 itu sudah berhasil dan kami menyampaikan Terima Kasih apresiasi kepada Pangdam dan ade-ade kami sudah bisa bertugas sebagai TNI,”

Diharapkan Tahun 2024 Program Strategis Pertama melalui TMMD, Program Prioritas Pertama melalui rekrutmen atau pengangkatan penerimaan Anggota TNI Yang direncanakan oleh Pangdam sebanyak 2000 orang untuk se Papua Barat dan Papua Barat Daya mengingat Papua Barat Daya masih dalam tahap mengevaluasi Rencana Anggaran Otsus.

Penulis : Melisa Tulus

Leave a Comment