Pemprov Papua Barat Peringati Dan Memandang Penting HPSN

Manokwari-Pemerintah provinsi Papua Barat, memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ), yang jatuh pada jumaat ( 24/02/2023 ). Berlangsung di lapangan Borarsi Manokwari, HPSN Mengusung tema tuntas kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat ini, dihadiri para pejabat tinggi Pemprov Papua Barat, baik staf ahli gubernur, para asisten, Forkopimda, pimpinan OPD, ASN P3K dan honorer Pemprov Papua Barat serta TNI-Polri, dan tamu undangan lainnya.

Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan setda Papua Barat, Melkias Werinussa, dalam sambutanya mewakili penjabat gubernur Papua Barat, memandang pentingnya momentum peringatan HPSN, untuk kesadaran mengelola sampah secara baik.

“Kita berharap sampah harus dikelola dengan baik. Ini menjadi tanggung jawab kita semua, karena sampah yang kita buang di darat akan berakhir di laut dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena ikan yang kita makan itu ikan yang beracun karena sudah makan sampah. Oleh karena itu. Momentum ini sangat penting, untuk menyadarkan kita bahwa mengelola sampah itu sangat penting,”. Ujar Melkias Werinussa.

Lebih anjut Melkias Werinussa yang juga adalah Plh. sekda Papua Barat berharap, kesadaran semua pihak terutama pelaku usaha di Manokwari dan Papua Barat padam umunya, untuk ikut bertanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan.

“Saya juga berharap untuk pelaku usaha, kemarin saya lihat saat kami kerja bakti di pasar wosi, kami sedang membersihkan sampah di depan tempat jualan pedagang di sana, tapi pelaku usahanya duduk diam dan nonton, padahal sampah itu berasal dari barang dagangannya,”. Sambung Asisten II setda Papua Barat, Melkias Werinussa.

HPSN berlangsung dengan sejumlah rangkaian ceremoni sosialisasi dan doorprize oleh Bank Indonesia dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba yang digelar sebelumnya. Dimana pemenang lomba memilih dan memilah sampah tingkat OPD baik Provinsi Papua Barat dan kabupaten Manokwari, juara 3 oleh dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinsi Papua Barat, juara 2 oleh dinas PUPR dan juara 1 diraih oleh dinas lingkungan hidup dan pertanahan kabupaten Manokwari. Juara lomba konten kreator tingkat SMA dimenangkan oleh sekolah Luar Biasa ( SLB ) Panca Kasih. lomba foto tingkat SMP dimenangkan oleh SMP Negeri 27 Manokwari, lomba cipta dan baca puisi tingkat SD dimenangkan oleh SD Yapis 01 Reremi Manokwari. Hadiah juga diberikan kepada pemenang lomba melukis drom atau kaleng bekas dan pemenang lomba Kategori petugas kebersihan paling bersih.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment