Pj. Gubernur Papua Barat Pimpin Gerakan Penanaman 1000 Pohon dari Susweni

Manokwari – Rabu (1/2/2023), Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M,Si, memimpin gerakan penanaman 1000 pohon pada kawasan lokasi lahan rumah jabatan Gubernur Papua Barat yang juga dilaksanakan secara serentak oleh 35 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan Penanaman 1000 bibit pohon buah ini dicanangkan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’aruf Amin, yang pada saat yang sama dilaksanakan pada kawasan Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Dikatakan Pj. Gubernur Papua Barat bahwa kegiatan ini akan menjdi program berkelanjutan dalam pemerintahannya dengan tujuan agar dapat memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Pemerintah secara berkelanjutan memprogramkan gerakan penanaman pohon, untuk memberdayakan masyarakat agar dapat hidup mandiri, produktif, kreatif, dan berkarakter untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara bijaksana untuk kelangsungan hidupnya,” Ujar Waterpauw.

Untuk diketahui, lahan seluas 79,405 hektare di kawasan kediaman Pj. Gubernur Papua Barat telah dimanfaatkan seluas 4 hektare sejak bulan November 2022 untuk budidaya tanaman sumber bahan pangan seperti cabe, tomat, terong, ketimun, bayam, buncis, dll. Saat ini sudah berproduksi dan dimanfaatkan hasilnya oleh masing-masing OPD dan TPID yang terlibat.

Tidak lupa Waterpauw menyampaikan harapan besarnya kepada generasi muda di Papua Barat untuk turut terlibat aktif untuk mempersiapkan ketersediaan bahan pangan.

“Saya ingin pesan kepada adik-adik generasi muda (KNPI, Karang Taruna, dll) untuk memanfaatkan kesempatan, keahlian, dan kreativitas kalian untuk menjdi penggerak dan garda terdepan untuk ikut terlibat dalam pembangunan pertanian, terutama ikut aktif dalam mengusahakan ketersediaan bahan pangan kita sekalian” pungkasnya.

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment