“Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” Kanwil Kemenkumham PB Laksanakan Upacara Peringatan HUT RI Ke-77

Manokwari, Kanwil Kemenkumham Papua Barat pada hari Rabu (17/08/2022) turut melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan NKRI yang ke 77 tahun, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari, Jalan Sabang no. 24. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komjel Pol (purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si.

Bertugas sebagai Komandan Upacara, Jamaludin Fitmatan. Juga, William Tulus, Roni, dan Novdi Purba sebagai Pengibar Bendera. Lengkap mengikuti upacara, para pegawai Kanwil Kemenkumham Papua Barat turut ambil bagian sebagai peserta upacara dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Membacakan amanat Menkumham RI, Pj Gubernur Papua Barat menyampaikan bahwa,
“Ditengah keterpurukan semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong-royong untuk mewujudkan harapan. Pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bersinergi untuk mencapai percepatan pemulihan dan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global. HUT NKRI Ke-77 ini merefleksikan nilai pancasila dan bhineka tunggal ika. Langkah ini merupakan perwujudan harapan untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat untuk Indonesia maju” jelas Waterpauw.

Upacara Bendera pun dilanjutkan dengan pemberian remisi bagi 813 Narapidana dan Anak di wilayah Kemenkumham Papua Barat.

Waterpauw turut menyampaikan harapannya bagi narapidana yang mendapatkan remisi, baik yang akan segera bebas maupun bagi mereka yang harus menjanlankan masa pembinaan, agar kelak dapat kembali ke masyarakat dengan memberikan manfaat yang lebih baik,
“Saudara-saudara pada saatnya nanti dapat kembali ke masyarakat dengan sudah menjadi manusia yang seutuhnya. Bersama-sama dapat mengisi kehidupan ini dengan lebih bijaksana. Apa yang sudah lalu biarlah berlalu. Kita harus optimis untuk menyongsong kehidupan yang jauh lebih baik” pungkas Waterpauw.

Melengkapi kebahagian pada siang itu, seorang napi binaaan Lapas Kelas IIB Manokwari memberikan cendera mata berupa sebuah lukisan bagi Pj. Gubernur Papua Barat Drs. Paulus Waterpauw. (kpb_02)

Leave a Comment