Pj. Gubernur Waterpauw Prihatin Kapal Pemda Rusak Berat Akibat Tidak Terawat

SORONG— Satu unit kapal dan satu unit speed boat milik Pemprov Papua Barat terparkir di Pelabuhan Sorong akibat kerusakan mesin

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si menemukan kedua asset Pemprov tersebut teronggok di Pelabuhan Klaling Kabupaten Sorong, didampingi oleh Bupati Kabupaten sorong, Johny Kamuru, dan sejumlah pimpinan OPD dilingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat, Kamis (4/8/2022).

KM West Papua Cruiser rusak sejak 2019, dan sejak itu pula tidak bisa dioperasikan, kondisi yang sama dialami Pasific Raider.

‘’Kapal ini kondisi memburuk sejak tahun 2019, engine bagian luar rusak, kami sudah bersurat menyampaikan keadaan ini ke Pemprov Papua Barat bagian umum namun belum ada jawaban sampai saat ini,’’ terang Nakhoda Kapal, Habel Rumbino.

Pj. Gubernur Waterpauw yang melihat kondisi kapal tersebut mengatakan, kerusakan ini terjadi karena tidak adanya pemeliharaan.

Nakhoda kapal menjelaskan, kapal tersebut secara fisik bagus karena terbuat dari fiber glass, hanya saja enginenya rusak karena kurang perawatan.

‘’Kondisi kapal secara fisik bagus karena fiber glass, kita semprot saja lumut-lumut sudah bersih, engine kiri sudah diservice tinggal mesin bagian kanan dan bahan bakar juga tidak ada,’’ jelasnya.

Kapal ini menurut Gubernur Waterpauw dibeli pada saat Almarhum Bram Atururi menjadi Gubernur Papua Barat tahun 2012 di Tangerang dan tiba di Sorong tahun 2013. Keberadaan kapal ini sangat membantu banyak tugas-tugas dan pekerjaan baik oleh pemerintah maupun masyarakat.
Saat ini telah didatangkan teknisi dari Tangerang untuk melakukan perbaikan.

‘’Kapal ini harus segera diperbaiki, nanti pada tahun 2024 sangat dibutuhkan untuk kelancaran Pemilu maupun Pilkada, bisa digunakan mengangkut logistic, petugas, aparat keamanan maupun warga sendiri,’’ jelasnya.

Leave a Comment