Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Mikro Berbasis Teknologi di Manokwari

MANOKWARI – Infrastruktur jaringan telekomunikasi Informasi tidak dapat terpisahkan dalam rancangan percepatan pembangunan suatu daerah. Pasalnya transformasi digital sesuai arahan Presiden Indonesia menjadi landasan pentingnya akses hingga ke pelosok.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans P. Istia,S.Sos,MM menyampaikan masukan dalam rapat bersama tim percepatan pembangunan Manokwari.

Dikatakan Istia perlu adanya dorongan master plan Infrastruktur jaringan sebagai langkah awal usulan agar kehadiran “Smart City” sesuai ketentuan di Manokwari. Adapun keunggulannya dapat mempermudah, sekaligus memperluas akses ekonomi mikro berbasis teknologi yang berkembang pesat saat ini.

“Sekaligus kita mendorong dan menyurati Kementerian Kominfo berkaitan dengan penetapan 100 Smart City di Indonesia, maka Manokwari dipercepat untuk tahun kedua Infrastruktur itu sudah harus selesai.
Jadi begitu master plan dibangun selesai kemudian diikuti Infrastruktur smart City,” Jelas Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat, Selasa (26/7/2022).

“Saya pikir itu yang jadi rujukan Pak Presiden tentang percepatan transformasi digital di Indonesia. Juga dalam rangka untuk memberikan dukungan bagi penguatan ekonomi mikro berbasis teknologi. Jadi kalau smart city sudah dibangun ini nanti ekonomi mikro bisa kita pacuh lebih cepat lagi” Sambungnya.

Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat berharap blank spot yang ada di Kabupaten Manokwari dapat menjadi perhatian. Disamping itu semua lokasi secara terstruktur dapat disentuh jaringan internet.

Diuraikan tahun 2022 ini Kabupaten Manokwari mendapat jatah pembangunan 40 site dan dinyatakan masih kurang. Turut terpengaruh dikarenakan bukan sebagai daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

“Perlu juga ada dukungan atau dorongan rekomendasi Pak Gubernur untuk penetapan kawasan blank spot yang belum masuk jaringannya diisi semua. karena ini kota Manokwari yang tahun ini dapat 40 site dibangun dan masih kurang berkisar 40 site untuk mengisi secara keseluruhan khusus di Manokwari,” Terangnya.

“Manokwari tidak masuk 3T, alokasi untuk projects 4G dari Bhakti Kominfo hanya masuk kawasan 3T,” Tandas Kadis Istia. [kpb_01]

Leave a Comment