Pelatihan Pramusaji dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Papua Barat Diapresiasi

MANOKWARI – Mengembangkan potensi sumberdaya manusia telah digelar pelatihan yang digagas Yayasan Bahterah Upaya Mandiri bersinergi dengan Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat. Pelatihan Pramusaji dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Provinsi Papua Barat berlangsung, Jumat (7/1/2022).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat, George Yarangga,A.Pi.,MM menjelaskan potensi pangan lokal perlu dikembangkan. Hal tersebut didukung oleh Perindag sesuai undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian.

Selain itu, program strategis nasional meliputi sentra industri kecil dan menengah telah dilaksanakan.

“Sebagian di Papua Barat ini punya potensi lokal ini yang harus kita manfaatkan,” Ujar Kadis Perindag Papua Barat, George Yarangga,A.Pi.,MM.

Adanya pelatihan yang melibatkan peran generasi mudah dan para pelaku usaha turut diapresiasi. Nantinya materi yang disampaikan sekira dapat diserap menjadi bekal dalam pengembangan potensi diri kedepannya.

Pemerintah juga mendukung kegiatan seperti ini, apabila terus berlanjut dengan memberikan dampak positif tentu wajib mendapatkan pendampingan.

“Kesempatan ini saya berikan apresiasi kepada teman-teman yang sudah menginisiasi kegiatan, karena bagi saya ini sudah membantu pemerintah dalam rangka menyiapkan SDM unggul, sehingga kita siap menghadapi era digitalisasi kedepan ini. Wirausaha berbasis kearifan lokal ini yang harus dimanfaatkan oleh adik-adik, lembaga, pemuda gereja atau mahasiswa,” Sambungnya.

“Yang ada disini punya peluang buat harus didampingi oleh pemerintah. Sehingga kita bisa semangat memberikan dorongan pemuda menjadi wirausaha baru,” Tandasnya.

Direktur Yayasan Bahterah Upaya Mandiri, Yani Kainama,SE.,MM menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Papua Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang telah terlibat langsung memberikan materi kepada para peserta. [kpb_01]

Leave a Comment